Devinisi konsep sehat dan konsep sakit -->

Devinisi konsep sehat dan konsep sakit

Konsep sehat

Dengan kemajuan teknologi yang memunculkan berbagai macam obat-obatan, memiliki kecenderungan pada masyarakat untuk mempertahankan kesehatannya dengan bergantung pada obat.Oleh karena itu, pola hidup sehat seolah-olah dilupakan dan baru setelah Perang Dunia II konsep sehat mendapat perhatian kembali sampai saat ini.Konsep sehat ditinjau berdasarkan sudut pandang yang berbeda, misalnya dipandang dari sudut fisik secara individu dan dipandang dari sudut ekologi.

Konsep sehat secara fisik adalah jika seseorang tersebut memiliki organ tubuh yang berfungsi secara normal sesuai dengan umur dan jenis kelamin. Sedangkan konsep sehat secara ekologi adalah sehat berarti proses penyesuaian individu dengan lingkungannya yang berjalan terus menerus dan berubah-ubah sesuai dengan perubahan lingkungannya.

Definisi sehat yang saat ini digunakan adalah definisi sehat menurut WHO (1947), yaitu “sehat adalah suatu keadaan yang sempurna baik fisik, mental, dan sosial tidak hanya bebas dari penyakit atau kelemahan”.

Konsep sakit

Secara umum, sakit merupakan penyimpangan atau deviasi dari status sehat.Sedangkan definisi sakit menurut Pemons (1979) adalah gangguan fungsi normal individu sebagai tatalitas termasuk keadaan organisme sebagai sistem biologis dan penyesuaian sosialnya. Menurut Bauman (1965) seseorang menggunakan 3 kriteria untuk menentukan apakah mereka sakit, yaitu :
1. Adanya gejala, misalnya naiknya temperatur, nyeri, dll.
2. Persepsi tentang bagaimana mereka merasakan, misalnya baik, buruk, sakit.
3. Kemampuan untuk melaksanakan aktivitas sehari-hari, misalnya bekerja, sekolah, dll.

Penyakit adalah istilah medis yang digambarkan sebagai gangguan dalam fungsi tubuh yang menghasilkan berkurangnya kapasitas.Penyakit dipengaruhi dengan faktor sebab dan penyebabnya (multiple factor causation). Menurut Webster, penyakit mnerupakan kondisi yang tidak nyaman ( discomfort. sedangkan dalam Oxford English Dictionary, disebutkan bahwa penyakit ( Illness ) merupakan kondisi badan dengan fungsi-fungsinya terganggu ( a condition or body or some part or organ of the body in which its functions are disturbed or derenged ). Secara ekologi penyakit merupakan akibat dari kegagalan penyesuaian ( mal ajusment ) dari organisme manusia thd lingkungannya. Berikut ini akan dijelaskan mengenai batasan sakit dan penyakit.
1. Disease adalah gangguan & penyimpangan dari struktur dan fungsi organ-organ tubuh
2. Illness adalah bagaimana seseorang mengartikan dan menerima arti tentang penyakit yg di deritanya
3. Sickness adalah perilaku yg muncul dari diri org tersebut sebagai tanggapan pengetiannya thd penyakitnya (illness)

TerPopuler