cara membebaskan anak anda dari kecanduan bermain game -->

cara membebaskan anak anda dari kecanduan bermain game

BroAndika.com - Salah satu permasalahan yang seolah menjadi bumerang bagi setiap orang tua adalah karena anaknya yang menjadi kecanduan bermain game. Dan memang tidak bisa di hindari lagi bahwa diera yang semakin modern ini hampir semua jenis permainan dapat diakses dengan mudah oleh anak anda dan dimaininya namun sebenarnya ini adalah salah satu penyakit yang dialami oleh anak anda yang harus sesegera mungin anda untuk mengatasinya.

Ini juga merupakan salah satu kecerobohan terbesar bagi setiap orang tua yang melepaskan kontrol terhadap anaknya dan bahkan membebaskan anaknya untuk mengakses internet tanpa adanya kontrol yang dilakukan oleh orang tua namun sebenarnya semakin hebtanya teknologi di jaman sekarang ini maka anda juga harus lebih semakin hebat dalam mengontrol si buah hati anda karena dengan kontrol yang baik yang anda lakukan maka anda akan lebih mudah untuk mengatasinya apa saya yang sedang di lakukannya.

Akibat dari kurangnya kontrol atau malah hilangnya kontrol dari orang tua saat anaknya sedang bermain game adalah membuat si anak tersebut menjadi kecanduan bermain game namun sebenarnya ketika anak anda sedah kecanduan bermain game maka ini menjadi suatu pekerjaan yang sangat sulit untuk mengatasinya dan pelu langkah-langkah yang matang saat mengatasi hal ini. yang lebih parah lagi adalah bayak anak yang mengatakan bahwa game adalah hidupnya (lifestyle) dan oleh karena itu pada pembahasan kali ini akan membahas tentang bagaimana cara mengatasi anak yang sudah kecanduan game agar tidak lagi kecanduan game.

Batasi waktu saat bermain game.
Langkah pertama yang harus anda lakuka sebagai orang tua adalah membatasi waktu anak anda bermain game karena ketika anak anda sudah menjadi kecanduan bermain game maka jangan langsung untuk menyuruhnya berhenti bermain game tetapi secara perlahan lakukan tahap yang secara halus yakni langkah awal mengurangi waktunya saat bermain game. Dan jangan terlalu keras kepadanya dan memintanya untuk jangan lagi bermain game karena ini akan membuat anak anda menjadi lebih senang bermain game dan bisa jadi dia akan mencari salah satu alternatif lain saat bermain game dan ini tanpa sepengetahuan anda. Jadi lakukan secara halus tahap demi tahap.

Lakukan kontrol yang baik terhadap anak anda.
Cara yang kedua yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan kontrol yang baik terhadap anak anda dan usahakan untuk melacak setiap kegiatanya perminggu anak anda dan hitung seberapa lama waktu yang anak anda habiskan saat bermain game selama seminggu. Karena sesungguhnya dengan kontrol yang baik akan membuat anak anda menjadi lebih disiplin dan akan tumbuh menjadi anak yang lebih baik.

Perlihatkan contoh yang baik.
Nah ini adalah salah satu kebiasaan orang tua yang tidak pernah di sadari olehnya yaitu dengan bermain game bersama dengan anaknya namun secara langsung anda sendirilah yang membuatnya menjadi kecanduan game jadi jika anda memiliki rencana untuk membuat anak anda tidak lagi kecanduan game maka sebaiknya lakukanlah introspeksi diri dari anda dan jadilah orang tua yang baik terhadap anak anda. Dan jangan sesekali saja memperlihatkan saat anda sedang bermain game di depan anak anda. Dan sebaiknya hindari bermain game di depan anak anda.

Berikan kesibukan kepada anak anda.
Salah satu alasan yang membuat banyak anak menjadi kecanduan bermain game adalah karena support dari orang tuanya sendiri dan malah tidak pernah memberikan atau mengajarkannya tentang sebuah kegiatan yang sifatnya positif terhadap anak anda. Dan langkah yang paling tepat yang dapat anda lakukan adalah dengan cara memberikan kesibukan terhadap anak anda agar membuatnya menjadi lupa akan bermain game dan untuk mengurangi waktunya saat bermain game karena dengan kesibukannya akan membuat waktu bermain gamenya menjadi tersita dengan kegiatan atau kesibukan yang anda berikan.

Ajak dia untuk jalan-jalan dan tanpa dibarengi dengan game.
Usaha yang lain yang dapat anda lakukan adalah dengan cara mengajak anak anda untuk berjalan-jalan bersama dengan anda namun dalam hal ini semua permainan game harus di hentikan dan jalan-jalan tanpa ada game. Dengan begitu waktu anak anda akan lebih banyak saat sedang bersama dengan anda di bandingkan dengan waktu yang hanya terbuang sia-sia untuk permainan game. dan kembali lagi terhadap kontrol yang dilakukan oleh orang tuanya terhadap anak anda sendiri.

TerPopuler