pengertian perencanaan sosial dan tujuan perencanaan sosial -->

pengertian perencanaan sosial dan tujuan perencanaan sosial

PENGERTIAN PERENCANAAN SOSIAL

Pendefinisian perencanaan sosial sangatlah luas dimana perencanaan tersebut dilakukan untuk kepentingan masyarakat itu sendiri. Perencanaan sosial merupakan kegiatan untuk merpersiapkan masa depan kehidupan masyarakat.

Perencanaan sosial lebih bersifat preventif. Oleh karena itu, kegiatannya merupakan pengarahan pengarahan dan bimbingan-bimbingan sosial mengenai cara-cara hidup masyarakat yang lebih baik. Oleh karena itu, berbagai perencanaan sosial dibuat.Secara sosiologi, perencanaan sosial didasarkan pada perincian pekerjaan yang harus dilakukan dalam rangka mempersiapkan masa depan yang lebih baik daripada sebelumnya. 

Contoh, pada masa perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi seperti saat ini,tentunya akan membawa dampak positif maupun negatif. Hal ini berarti diperlukan persiapan untuk menggunakan perencanaan dengan meningkatkan kemampuan masyarakat demi mencapai kemajuan.

Selain itu juga, perencanaan sosial merupakan suatu fungsi yang terorganisir dimana merupakan sekumpulan kegiatan-kegiatan yang ditujukan untuk memberikan kemampuan pada perorangan, keluarga, kelompok, dan kesatuan-kesatuan masyarakat untuk mengatasi masalah oleh kondisi-kondisi yang selalu mengalami perubahan.

TUJUAN PERENCANAAN SOSIAL

Karena dengan adanya perencanaan sosial maka program-program atau kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan dapat mencapai tujuan yang diharapkan demi berlangsungnya kesejahteraan masyarakat yang lebih baik dari sebelumnya.

Ada beberapa alasan perlunya perencanaan sosial yaitu :
  1. Untuk menciptakan adanya danya dorongan alami yang dipelajari dalam masyarakat untuk pemenuhan kebutuhannya melandasi kelangsungan hidup masyarakat
  2.  Untuk menciptakan adanya interaksi dan kekuatan-kekuatan ekonomi, sosial dan politik yang sering menimbulkan keadaan yang tidak terkontrol
  3. Untuk menciptakan adanya adanya ketidakmerataan persoalan distribusi sumberdaya (pendapatan, penduduk, alam) sehingga mengakibatkan terjadi disparitas (kesenjangan)pemanfaatan sumber daya

Selain itu juga, perencanaan sosial bertujuan untuk mengatasi masalah kemungkinan yang terjadinya hambatan-hambatan dalam melaksanakan kegiatan yang berhubungan dengan sosial.

Perlu kita ketahui, perencanaan sosial dilakukan ketika ada permasalahan-permasalahan yang terjadi di dalam masyarakat atau adanya keinginan yang belum tercapai. Oleh sebab itu, perencanaan sosial diperlukan dalam mencapai suatu tujuan yang akan dicapai.

Asuransi kendaraan MSIG, berkendara tanpa cemas

TerPopuler