Prosesi puncak acara pelaksanaan Ma’rimpa Salo -->

Prosesi puncak acara pelaksanaan Ma’rimpa Salo

Prosesi puncak acara pelaksanaan Ma’rimpa Salo

 Setelah persiapan pendahuluan tersebut, beberapa prosesi pelaksanaan sebagai berikut :
Acara Kearuan selama tiga hari oleh masyarakat setempat berupa kesenian dan permainan rakyat, acara-acara pendukung seperti : Mappelo, Ma’lanca, pencak silat kembang dan atraksi-atraksi lainnya. Kegiatan lainnya yang merupakan fasilitas pesta adat ini seperti pembuatan Baruga/Hala Suji, Pemancangan dan pemasangan alat perangkap berupa Belle serta kapal-kapal perahu.

Persiapan acara inti Ma’rimpa Salo dengan keberangkatan perangkat pelaksana ke hulu diantar oleh Ponggawa Lopi dan para Awak perahu, sementara itu pemasangan jaring dan rompong serta pengaturan perahu-perahu dari arah yang sama sepanjang sungai. Sanro memimpin pembacaan Do’a oleh pemuka agama agar diberikan kesuksesan dalam pelaksanaannya. Selanjutnya para Paggenrang mulai menabuh genderang di atas perahu.

Para awak perahu dengan kendali ponggawa lopi mulai menjalankan perahu secara perlahan dan menarik tali pengikat jarring dan rompong menuju muara sungai, yang disertai dengan teriakan/ucapan serta beramai-ramai : Hei i….Hellakki, Ruikki….,Heaa………, teriakan tersebut terus menerus diiringi dengan tabuhan alat musik. 

Begitu ramai para masyarakat dan perangkat adat dalam prosesi ini, disinilah puncak dari keramaian pesta rakyat Ma’rimpa Salo. Pada saat perahu dengan awak mulai merapat pada belle yang telah dipasang 

sebelumnya, belle yang dipasang dipersiapkan untuk menjebak dan menampung ikan-ikan yang telah di Rimpa (dihalau), setelah rombongan Pa’rimpa tiba disisi belle dan ikan telah masuk pada belle, maka penutup belle ditutup, selanjutnya masyarakat dan pengunjung beramai-ramai turun ke belle dan menggunakan jaring hunre (jala) atau dengan tangan kemudian diserahkan kepada Paddareheng untuk dibakar beramai-ramai dan disajikan pada para Petinggi/Pengunjung dan disantap beramai-ramai. 

Demikianlah prosesi pesta adap rakyat Ma’rimpa Salo yang dilaksanakan pada bulan September tahun berjalan.

TerPopuler