kedudukan dakwah dalam agama islam -->

kedudukan dakwah dalam agama islam

Kedudukan dakwah dalam islam sangat penting sehingga dakwah merupakan kewajiban seluruh umat islam baik laki-laki maupun perempuan dalam berbagai profesi sesuai dengan kemampuannya masing-masing.
Dalam surah At-Tawbah ayat 71 Artinya:

“Dan orang-orang yang beriman laki-laki maupun perempuan sebahagian mereka adalah menjadi penolong bagi sebahagian yang lain. Mereka menyeruh mengerjakan yang ma’ruf mencengah dari yang mungkar, mendirikan shalat, menunaikan zakat, dan mereka taat pada allah dan rasul-Nya mereka itu akan di beri rahmat oleh allah sesungguhnya allah maha perkasa lagi maha bijaksana.

Juga dalam surah Ali-Imran ayat 110 dari ayat tersebut tanpak bahwa dakwah mempunyai kedudukan yang sangat penting halmana pelaksanaan dakwah di beri predikat umat yang terbaik yang tidak terbatas pada satu kaum saja akan tetapi sama umat mukmin berkewajiban menyampaikan dakwah terbatas.

Dakwah harus disampaikan kepada seluruh umat manusia agar hati mereka selalu tegar, penuh iman, islam, dan ikhsan. Hati yang tidak pernah menerima dakwah benih iman tidak akan berkembang dengan baik.

Ayat dan Hadits Tentang Dakwah

Surah Ali-Imran ayat 104 Artinya:
“Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyeruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang yang mungkar; merekalah orang-orang yang beruntung.”

Surah Al-Qashash ayat 87 Artinya:
“Dan janganlah sekali-kali mereka dapat menghalangimu dari (menyampaikan) ayat-ayat Allah, sesudah ayat-ayat itu diturunkan kepadamu, dan serulah mereka kepada (jalan) Tuhanmu, dan janganlah sekali-sekali kamu termasuk orang-orang yang mempersekutukan Tuhan.”

Surah Yusuf ayat 108 Artinya:
“Katakanlah: “Inilah jalan (agama) ku, aku dan orang-orang yang mengikutiku mengajak (kamu) kepada Allah dengan hujjah yang nyata, Maha Suci Allah, dan aku tiada termasuk orang-orang yang musyrik.”

Surah Al-Mu’minun ayat 73 Artinya:
“Dan sesungguhnya kamu benar-benar menyeru mereka kepada jalan yang lurus.”


Surah Thaha ayat 132 Artinya:
“Dan suruhlah keluargamu (umatmu) dengan sholat dan bersabarlah atasanya. Kami tidak meminta rezeki kepadamu, kamilah yang memberimu rezeki. Dan akibatnya (yang baik) itu bagi orang yang bertakwa.”
Hadist Rasulullah saw:

Rasulullah pernah bersabda: “Barangsiapa di antara kalian yang melihat kemungkaran, maka hendaklah ia merubah dengan tangannya (kekuatannya), apabila ia tidak mampu (mencegah dengan tangan) maka hendaklah ia merubah dengan lisannya, dan apabila (dengan lisan) ia juga tidak mampu hendaklah ia merubah dengan hatinya, dan yang demikian itu adalah selemah-lemahnya iman.”

TerPopuler