teknik pengelolaan rumput laut -->

teknik pengelolaan rumput laut

Pengelolaan rumput laut

Rumput laut yang baru saja dipanen akan nampak segar dan cukup menggiurkan, namun untuk memperkecil biaya transportasi dan meningkatkan umur simpan biasanya rumput laut dijemur selama 3-4 hari dalam kondisi cuaca cerah sampai mencapai kadar air sekitar 35%.

Rumput Laut Basah

Rumput laut umumnya dijual dalam keadaan kering, pada kondisi ini rumput laut dapat tahan sampai 1 tahun atau lebih selama cara penyimpanannya benar, yaitu disimpan di tempat yang kering atau tidak lembab. Untuk olahan pangan dapat dipilih rumput laut yang berwarna putih alami, atau sengaja diputihkan dengan cara pemeraman.

Rumput Laut Kering

Untuk pengolahan dasar sangat mudah dan sederhana, yaitu: Rumput laut kering dibersihkan, kemudian direndam dalam air tawar (tidak boleh panas) selama minimal 2 jam sambil dilakukan penggantian air setiap 30 menit sekali.

Perendaman rumput laut dalam air tawar

Setelah mengembang kemudian ditiriskan, sampai disini rumput laut sudah siap dikonsumsi baik sebagai lalapan atau dipotong-potong dapat dicampur dengan sirup dan buah-buahan lainnya sebagai es rumput laut. Rumput laut pada tahapan ini bisa disimpan dalam rendaman air tawar selama 3-4 hari namun harus dilakukan penggantian air minimal 2 kali dalam sehari. Jika disimpan dalam lemari es (freezer) dapat tahan sampai 1 bulan.

Rumput laut hasil rendaman yang siap dikonsumsi dan diolah lebih lanjut

Rumput laut hasil rendaman yang telah dipotong-potong. Contoh rumput laut putih hasil rendaman yang berkualitas baik yang telah dipotong-potong Jika akan diolah lebih lanjut, rumput laut bisa dipanaskan sampai meleleh dan hancur merata, atau dapat juga dihancurkan dengan blender, kemudian didinginkan. Rumput laut pada tahapan inipun bisa disimpan dalam lemari es dan dapat tahan sampai beberapa hari untuk kemudian diolah menjadi produk turunannya /produk olahannya.

Rumput laut hasil rendaman yang sedang dipanaskan. Rumput Laut hasil rendaman yang di blender. Demikianlah penjelasan singkat dan sederhana, cara mempersiapkan rumput laut kering menjadi bahan baku siap konsumsi dan siap untuk pengolahan selanjutnya.

TerPopuler