pentingnya pendidikan sebagai alat untuk mencegah tindak kekerasan -->

pentingnya pendidikan sebagai alat untuk mencegah tindak kekerasan

Dunia pendidikan haruslah menjadi wadah dimana pelajar ,mahasiswa, mahasiswi dan seluruh komunitas yang ada didalamnya dalam mendapatkan pendidikan merasa nyaman , aman dan tentram secara fisik dan psikis. 

Bentuk kekerasan apapun baik yang dilakukan oleh senior menjadi ancaman bagi rasa aman dan mengganggu proses pembelajaran. Dengan perilaku kekerasan yang semakin meluas di mana-mana ,membuat kasus tersebut kadang sulit terdeteksi dan terungkap. 

Kadang pelaku menggunakan cara untuk menutupi tindak kejahatannya dengan mengancam korban maupun saksi yang melihat , agar perbuatan mereka tidak tercium oleh pihak lain. Dan penting setiap orang memahami tingkahlaku yang merupakan perilaku kekerasan.

Kurangnya penegtahuan tentang batasan apa yang dimaksud dengan kekerasan membuat orang-orang melakukan tindakan yang tergolong kekerasan tanpa mereka sadari dan ketidaktahuan mereka membuat kekerasan semakin marak dan membuat dampak yang negative bagi si korban maupun si pelaku. Ada 3 jenis kekerasan yaitu :
  1. Kekerasan verbal atau tertulis , melalui penggunaan stereotip dan penanaman yang bermuatan seksis , rasis , kultur , sosio-ekonomi , ketidak sempurnaan fisik / mental dan homofobik.
  2. Kekerasan fisik ,seperti mengguncang , mendorong , mencubit , menarik rambut dan telinga , memukul dan melempar.
  3. Kekerasan psikologis , seperti berteriak , berbicara kasar , mengadu domba , mengancam

TerPopuler