wanita ahli surga (konsep ceramah) -->

wanita ahli surga (konsep ceramah)

setiap ingsang tentunya mendambakan kenikmatan yang paling tinggi dan abadi. Kenikmatan itu adalah surga di dalamnya terdapat bejana-bejana dari emas dan perak istana yang mega dan di hiasi beragam permata dan berbagai macam kenikmatan lainnya yang tidak pernah terlihat oleh mata, terdengar oleh telinga dan terbetik di hati.

Dalam AL-Qur’an banyak sekali ayat-ayat yang mengambarkan kenikmatan-kenikmatan surga diantaranya Allah SWT.berfirman

(apakah) perumpamaan (penghuni) surga yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa yang di dalamnya ada sungai-sungai dari air yang tidak berubah rasa dan baunya, sungai-sungai dari air susu yang tidak berubah rasanya, sungai-sungai dari khamrk(arak) yang lezat rasanya bagi peminumnya, dan sungai-sungai dari madu yang di saring dan mereka memperoleh di dalamnya segala buah-buahan dan ampunan dari rabb yang sama dengan orang yang kekal dalam neraka dan di beri minuman dengan air yang mendidih sehingga memotong-motong ususnya? (QS:Muhammad:15)

“dan orang-orang yang paling dahulu beriman, merekalah yang paling dulu ( masuk surga). Mereka itulha orang yang di dekatkan (kepada Allah). Berada dalam surge kenikmatan.segolongan orang-orang besar terdahulu dan segolongan orang-orang kecil di kemudian. Mereka berada diatas dipan yang bertakhtakan emas dan permata seraya bertelekan diatasnya berhadap-hadapan. Mereka di kelilingi oleh anak-anak muda yang tetap muda dengan membawa gelas, cerek, dan sloki(piala) berisi air yang diambil dari air yang mengalir , mereka tidak pening karenanya dan tidak pula mabuk buah-bauhan dari apa yang mereka pilih dan daging burung dari apa yang mereka inginkan(QS.Al Waqiah:10-21)

Di samping mendapatkan kenikmatan-kenikmatan tersebut, orang-orang yang beriman kepada Allah tabaraka wa ta’ala kelak akan mendapatkan pendamping (istri) dari bidadari-bidadari surga nan rupawan yang banyak di kisahkan dalam ayat-ayat Al-Qur’an yang mulia di antaranya:
  • “dan( di dalam surge itu) ada bidadari-bidadari yang bermata jeli laksana mutara tersimpang baik”.(QS. Al Waqiah:22-23)
  • “dan di dalam surge-surga itu ada bidadari-bidadari yang sopan menundukkan pandangannya, tidak pernah di sentuh oleh manusia sebelum mereka (penghuni-penghuni surga yang menjadi suami mereka) dan tidak pula oleh jin.” (QS. Ar Rahman:56)
  • “seakan-akan permata yakut dan marjan.”(QS. Ar Rahman:58)
  • “sesungguhnya menciptakan mereka (bidadari-bidadari) dengan langsung dan kami jadikan mereka gadis-gadis perawan penuh cinta lagi sebaya umurnya.”(QS. Al Waqiah:35-37)

Rasulullah saw. Keutamaan-keutamaan wanita penduduk Surga dalam sabda beliau: “…..seandainya salah seorang seorang wanita penduduk surge menengok penduduk surge niscaya dia akan menyinari antara keduanya(penduduk surge dan penduduk bumi) dan akan memenuhinya bau wangi-wangian. Dan setengah dari kerudung wanita surga yang ada di kepalanya itu lebih baik daripada dunia dan isinya.”(HR. Bukhari dari Anas bin Malik radilyalahu anhu) Dalam hadist lain Rasulullah SAW. Bersabda:

Sesungguhnya istri-istri penduduk surge akan memanggil suami-suami mereka dengan suara yang merdu dengan tidak pernah di dengar oleh seorang pun. Di antara yang di dengdangkan oleh mereka :”kami adalah wanita-wanita pilihan yang terbaik . istri-istri kaum yang termulia. Mereka memandang dengan dengan mata yang menyejukkan.”dan mereka juga mendendangkan :”kami adalah wanita-wanita yang kekal tidak akan mati. Kami adalah wanita-wanita yang aman, tidak akan takut . kami adalah wanita-wanita yang tinggal tidak akan pergi.”(Shahih AL Jami’ nomor 1557).
  1. Apakah cirri-ciri Wanita Surga
  2. Apakah hanya beriman dari kalangan laki-laki dan bidadari-bidadari saja yang menjadi penduduk surga? Bagaimana istri-istri kaum mukminim di dunia, wanita-wanita penduduk bumi?
Istri-istri kaum Mukminim yang beriman kepada Allah dan Rasulnya tersebut akan tetap menjadi pendamping suaminya kelak di surga dan akan memperoleh kenikmatan yang sama dengan yang di peroleh penduduk surga lainnya.

Tentunya setiap wanita muslimah ingin menjadi ahli surga. Pada hakikatnya wanita ahli surga adalah wanita yang taat kepada Allah dan Rasul-Nya . seluruh cirri-ciri merupakan cerminan ke taatan yang mereka miliki. Diantaranya cirri-ciri wanita ahli surga adalah:
  1. Bertakwa.
  2. Beriman kepada Allah, malaikat-malaikatnya kitab-kitabnya rasul-rasulnya di hari kiamat dan beriman kepada takdir yang baik maupun yang buruk.
  3. Bersaksi bahwa tiada lain yang berhak di sembah kecuali Allah dan bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah hamba dan rasul-Nya mendirikan salat, menunaikan zakat, berpuasa di bulan ramadhan, dan naik haji yang mampu.
  4. Ihsan, beribadah kepada Allah seakan-akan melihat Allah , jika dia tidak dapat meliaht Allah, dia mengetahui bahwa Allah melihat dirinya.
  5. Ikhlas beribadah kepada allah tawakkal kepada allah, mencintai Allah dan rasulnya takut terhadap azab allah, mengharap rahmat allah, bertaubat kepada-Nya, dan bersabar atas takdir-takdir allah serta bersyukur segala kenikmatan yang di berikan kepadanya.
  6. Gemar membaca alquran dan berusaha memahaminya, berdzikir mengingat allah ketika sendiri atau bersama banyak orang dan berdoa kepada allah semata.
  7. Menghidupkan amar ma’ruf dan nahi mungkar pada keluarga dan masyarakat.
  8. Berbuat baik (ihsan) kepada tetangga, anak yatim, fakir miskin, dan seluruh makhluk serta berbuat baik kepada hewan ternak yang dia miliki.
  9. Menyambung ahli persaudaraan terhadap orang yang memutuskannya, member kepada orang, menahan pemberian kepada dirinya dan memafkan orang yang mendzlominya.
  10. Berinfak , baik ketika lapang maupung sempit menahan amarah dan memafkan manusia.
  11. Adil dalam segala perkara dan bersikap adil terhadap seluruh makhluk.
  12. Menjaga lisannya dari perkataan dusta, saksi palsu dan menceritakan kejelekan orang lain(ghibah).
  13. Menepati janji dan amanah yang di berikan kepadany.
  14. Berbakti kepada kedua orang tuanya.
  15. Menyambung silahturahmi terhadap karib-kerabatnya, sahabat terdekat maupun jauh.
 Demikian beberapa cirri-ciri wanita ahli surga yang kami sadur dari kitab majmu’ fatawa karya syaikul islan ibnu tamiyah juz 11 halaman 422-433. Cirri-ciri tersebut bukan merupakan suatu batasan tetapi cirri wanita surga seluruhnya masuk kedalam kerangka taat kepada allah dalam rasulnya , allah taala berfirman.

“….. dan barang siapa taat kepada allah dan rasulnya niscaya allah akan memasukkannya kedalam surga yang mengalir sungai-sungai sedang mereka kekal di dalamnya dan itulah kemenangan yang besar.”(QS. An nisa :13)

Demikianlha kultum yang dapat saya sampaikan semoga dapat bermanfaat bagi hadirin jika ada kekurangan saya mohon maaf. Akhir kata wabillahi taufiq walhidaya assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatu.

TerPopuler