manfaat berpuasa bagi kesehatan tubuh kita -->

manfaat berpuasa bagi kesehatan tubuh kita

BroAndika.com – sehat adalah sesuatu yang di inginkan oleh semua orang dimulai dari anak kecil hingga anak yang sudah dewasa maupun orang yang sudah lanjut usia, namun sayangnya tidak semua orang memiliki keberuntungan yang sama yakni memiliki kesehatan yang sama halnya di miliki oleh orang lain karena kenyataannya ada juga yang sakit dan oleh karenanya perlu ada langkah-langkah yang khusus yang di terapkan untuk membuat kesehatan kita menjadi lebih baik.

Nah berhubung karena kali ini adalah bulan ramadhan maka yang akan menjadi pembahasan di web BroAndika adalah manfaat berpuasa di bulan ramadhan bagi kesehatan tubuh karena rupanya, berpusa itu tidak hanya akan merasakan yang namanya lapar dan dahaga namun dengan berpuasa maka kita akan merasakan dampak positif bagi kesehatan kita menjadi lebih baik lagi.

Puasa selain tujuan untuk menuai pahala yang banyak tetapi puasa juga akan memberikan dampak atau efek yang baik bagi kesehatan kita. Jadi berpuasa pada bulan ramadhan dengan hati yang ikhlas akan membuat pahala puasa kita menjadi sempurna.

manfaat berpuasa bagi kesehatan
Banyak pertanyaan yang muncul bahwa apasih manfaat berpuasa bagi kesehatan kita. Maka kali ini BroAndika akan memberikan jawaban atas pertanyaan itu. Dan agar kita menjadi lebih semangat dalam berpuasa maka yang perlu kita ketahui sebelumnya adalah manfaat pusa bagi kesehatan yang terlah saya rangkum menjadi beberapa bagian berikut di bawah ini yang siap untuk anda baca untuk membuat anda menjadi lebih bersemangat dalam menjalankan ibadah puasa di bulan suci ramadhan maupun puasa-puasa sunnah lainnya.

Baik bagi kesehatan jantung anda.

Tidak dapat di pungkiri lagi bahwa salah satu jenis penyakit yang paling menakutkan dan paling di takuti dan sekaligus paling banyak menyerang manusia adalah penyakit jantung, dan jenis penyakit ini ternyata merupakan jenis penyakit yang paling mematikan manusia dan harus di hindari oleh manusia namun beruntungnya karena berpusa ternyata memberikan manfaat bagi kesehatan jantung anda karena dengan puasa maka akan membuat terjadinya penurunan LDL di dalam tubuh dan meningkatkan HDL di dalam tubuh yang akan membuat kesehatan jantung menjadi lebih baik lagi.

Membuat kondisi psikologi kita menjadi lebih tenang.

Manfaat lain dari berpuasa selain membuat jantung menjadi lebih sehat adalah membuat kondisi psikologi kita menjadi lebih tenang sehingga kondisi psikologi kita menjadi lebih baik. Bagaimana tidak, dengan berpuasa tidak hanya menahan lapar dan haus saja tetapi kita juga di tuntut untuk menahan amarah sehingga kondisi psikologi kita menjadi lebih terlatih untuk menjadi lebih tenang dan akhirnya kita akan terbiasa untuk menjadi orang yang lebih bersabar.

Pola pikir menjadi lebih tajam.

Di dalam berpuasa ada dua hal yang terjadi di dalam pikiran kita yaitu membuat pikiran menjadi lebih tenang dan juga melambat namun faktanya adalah dengan pikiran yang melambat akan membuat pikiran menjadi lebih tajam. Orang yang berpuasa dengan yang tidak akan terlihat dari segi ketajaman dalam berpikirnya karena dengan rasa lapar yang di rasakannya ternyata memacunya untuk berpikir lebih tajam lagi dari sebelumnya sehingga tidak heran ketika berpuasa pikiran kita menjadi lebih melambat namun lebih tajam dari sebelumnya.

Mencegah proses terjadinya kegemukan.

Manfaat lain dari berpuasa adalah mampu mencegah proses terjadinya kegemukan di dalam tubuh manusia namun hal lainnya adalah tidak membuat tubuh kita juga menjadi kurus loh, namun dengan berpuasa justru frekuensi makan kita menjadi lebih teratur dan terjaga sehingga tubuh kita tidak mudah mengalami yang namanya gemuk jadi bagi anda yang sedang menjalankan ibadah puasa tidak perlu takut loh karena puasa tidak membuat kamu menjadi kurus namun juga tidak membuat kamu menjadi gemuk. Selai dari itu berpuasa juga dapat memperbaiki sistem pencernaan di dalam tubuh sehingga sirkulasi makanan di dalam tubuh menjadi lancar.

Meningkatkan kekebalan tubuh.

Manfaat lainnya alagi adalah puasa dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya jadi jangan beranggapan bahwa dengan berpuasa kita akan menjadi lemas sehingga penyakit pun mudah menyerang kita dan akhirnya kita akan mengalami yang namanya sakit. Namun faktanya itu adalah sebaliknya justru dengan berpuasa akan membuat kita menjadi lebih sehat dan sistem imun kita menjadi meningkat dan akhirnya tubuh tidak akan mudah terserang oleh yang namanya penyakit.

Membuat ginjal menjadi lebih sehat.

Nah manfaat lainnya lagi dari berpuasa adalah akan membuat ginjal kita menjadi lebih sehat. Fungsi ginjal sendiri adalah untuk menyaring semua zat yang berbahaya yang masuk kedalam tubuh melalui makanan dan minuman yang kita konsumsi dan dengan berpuasa maka akan membuat fungsi ginjal kita akan menjadi maksimal dan akan membuat ginjal menjadi lebih sehat dari sebelumnya. Jadi jika ingin ginjal anda menjadi lebih sehat maka jalankanlah ibadah puasa dengan hati yang ikhlas di bulan suci ini.

Mencegah terjadinya diabetes.

Nah diabetes adalah jenis penyakit yang juga merupakan jenis penyakit paling banyak di derita oleh manusia dan umunya diabetes ini diderita oleh para lansia atau orang yang sudah lanjut usia. Namun kabar baiknya adalah puasa dapat mencegah yang namanya penyakit diabetes sehigga kita tidak akan terserang yang namanya penyakit diabetes selama berpuasa karena dengan berpuasa maka konsumsi makanan yang banyak mengandung gula menjadi lebih sedikit dan akibatnya kita akan terhindar dari yang namanya diabetes.

Puasa menjadi obat penawar bagi penderita penyakit sendi.

Penyakit sendi merupakan sakit yang dialami pada bagian persendian seperti pada bagian lutut, pergelangan kaki, pergelangan tangan dan pinggul dan ini umumnya di derita bagi orang yang sudah berusia 30 tahun keatas namun tidak menutup kemungkinan bahwa yang masih muda tidak akan mengalaminya karena faktanya semua orang bisa saja mengalaminya. Berpuasa dengan teratur akan meningkatkan sel penetral alami di dalam tubuh yang nantinya akan membuat sakit pada bagian persendian menjadi lebih berkurang dan akhirnya sembuh dengan sendirinya jadi jangan takit untuk berpuasa karena sesungguhnya puasa itu akan membawa banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

TerPopuler