keistimewaan berpuasa di bulan ramadhan bagi kesehatan -->

keistimewaan berpuasa di bulan ramadhan bagi kesehatan

BroAndika.com – bulan ramadhan adalah bulan yang penuh dengan kebaikan, bulan ramadhan adalah bulan yang penuh dengan ampunan bagi orang-orang yang hendak mencari ridho dan ampunan dari Allah SWT. Bulan ramadhan adalah bulan yang di wajibkan bagi orang-orang muslim dan muslimat untuk berpuasa.

Kali ini yang akan menjadi pembahasan Bro Andika adalah keistimewaan berpuasa bagi kesehatan karena dari berbagai penelitian telah membuktikan kehebatan dan keistimewaan berpuasa, dari hasil penelitian telah membuktikan bahwa puasa tidak akan membawa pengaruh buruk terhadap kesehatan justru malah akan memberikan dapak sehat bagi tubuh.

Sebelumnya saya telah menulis beberapa artikel kesehatan dan salah satunya adalah manfaat berpuasa bagi kesehatan tubuh. Pada dasarnya berpuasa adalah suatu hal yang sehat yang anda lakukan namun sebenarnya perlu juga anda ketahui bahwa ada beberapa jenis penyakit yang harus dalam kontrol medis dan bahkan tidak di perbolehkan untuk berpuasa.

Bulan ramadhan adalah bulan yang penuh rahmat yang sudah di nanti-nanti oleh semua um’at muslim yang ada di dunia karena di bulan itu adalah bulan yang penuh dengan rahmatan lil alamin. Dan bulan puasa di wajibkan bagi seluruh um’at muslim di dunia untuk berpuasa sebulan penuh terutama bagi yang sudah tergolong kedalam akil baliq.

keistimewaan puasa

Dan berikut di bawah ini beberapa jenis manfaat atau keistimewaan berpuasa yang sudah saya rangkum menjadi beberapa hal yang siap untuk anda ketahui.

Keseimbangan anabolisme.

Saat berpuasa dengan kelaparan akan terjadi perbedaan yang sangat signifikan karena pada dasarnya berpuasa diwajibkan bagi kita untuk menahan rasa lapar dan dahaga namun istimewanya adalah dengan berpuasa akan membuat terjadinya keseimbangan anabolisme di dalam tubuh yang akan berakibat pada asam amino dan zat yang lainnya yang ada di dalam tubuh yang akan membantu dalam memproduksi glukosa darah dan mensuplai asam amino di dalam darah sepanjang hari. Ini semua terjadi akibat dari cadangan makanan yang cukup yang ada di dalam hati saat berbuka puasa dan sahur sehingga tidak akan mungkin terjadi starvasi atau kelaparan jangka panjang dan dengan berpuasa maka fungsi hati akan berfungsi dengan baik.

Tidak akan mengakibatkan pengasaman di dalam darah.

Manfaat lain yang bisa di peroleh jika kita rutin berpuasa apalagi di bulan ramadhan ini selama sebulan penuh maka ini akan sangat banyak manfaat yang bisa kita dapatkan nantinya dan salah satunya adalah dengan berpuasa maka tidak akan mengakibatkan pengasaman di dalam darah sehingga kita tidak mudah terserang penyakit atau dengan kata lain dengan berpuasa maka yang akan kita dapatkan adalah sehat.

Tidak berpengaruh pada sel darah manusia.

Pada umumnya manusia yang mengalami kelaparan jangka panjang atau starvasi jangka panjang biasanya akan mempengaruhi sel darah manusia namun ini berbeda ketika berpuasa karena dengan berpuasa maka yang akan kita dapatkan hanyalah sehat dan sehat bagi mereka yang memiliki kondisi fisik yang kuat untuk berpuasa. Jadi saran saya jangan pernah takut untuk berpuasa.

Sehat bagi penderita diabetes.

Nah ini adalah hal yang biasanya ditakuti oleh para penderita diabetes makanya dia memilih untuk tidak berpuasa namun sebenarnya penderita diabetes tingkat dua sebenarnya ini tidak akan berpengaruh bagi kesehatannya namun jika penderita diabetes dengan tingkat yang lebih tinggi dan harus sesuai dengan penanganan dokter maka sebaiknya konsultasikan dahulu kedokter terdekat anda untuk mendapatkan jawaban yang pasti atas permasalahan ini semua.

Menurunkan berat badan.

Satu lagi manfaat berpuasa penuh di bulan ramadhan adalah dapat menurunkan berat badan ini terjadi akibat dari frekuensi makan kita yang menjadi lebih teratur. Namun bukan berarti dengan berpuasa di bulan ramadah secara penuh maka kita bisa menjadi langsing se langsing langsingnya namun dengan berpuasa berarti berat badan kita tidak akan bertambah secara signifikan.

Tidak Pengaruh pada fungsi kelenjar gondok

Manfaat lain yang bisa di dapatkan jika berpuasa di bulan ramadhan adalah ternyata tidak akan berpengaruh pada fungsi kelenjar gondok sehingga anda tidak perlu takut untuk berpuasa karena dengan berpuasa tidak akan membuat kamu menjadi sakit ataupun menjadi lemah namun sebaliknya dengan berpuasa akan membuat tubuh kita menjadi lebih sehat lagi.

Memiliki banyak manfaat pada jantung.

Dari berbagai penelitian medis telah membuktikan bahwa berpuasa di bulan ramadhan selama sebulan penuh tidak memiliki perbedaan yang sangat mencolok dengan saat kita sedang tidak berpuasa. Salah satu mafaat yang sangat besar manfaatnya adalah membuat jantung bekerja secara normal sehingga berpuasa akan membuat kesehatan jantung akan menjadi lebih baik lagi.

Melatih kondisi mental.

Manfaat yang lain yang bisa di dapatkan dengan berpuasa adalah untuk melatih kondisi mental, betapa tidak dengan berpuasa kita di tuntut untuk menahan lapar dan dahaga serta harus sabar dalam menghadapi segala macam cobaan. Dengan berpuasa selama sebulan penuh maka ini tentu secara perlahan kita telah terlatih secara mental untuk menjadi pribadi yang lebih sabar dan tahan atas segala macam jenis godaan yang datang kepadanya.

TerPopuler