akibat jika kelebihan asupan serat di dalam tubuh -->

akibat jika kelebihan asupan serat di dalam tubuh

BroAndika.com – akibat jika kelebihan asupan serat di dalam tubuh, Makanan berserat adalah makanan yang memang di sarankan untuk di konsumsi bagi semua orang untuk mengurangi beragam resiko yang memungkinkan terjadi pada tubuh anda namun apa jadinya jika konsumsi makanan yang mengandung banyak serat namun jumlah yang di konsumsi itu dalam ukuran yang berlebihan. Mengkonsumsi makanan yang berlebihan memang akibatnya tidak sebaik yang kita bayangkan.

Coba anda ingat. Apakah anda pernah makan dalam jumlah yang sangat banyak sampai-sampai anda sangat kekenyangan dan hingga anda susah beraktifitas karena kekenyangan, makan sampai kekenyangan rasanya memang tidak nyaman, dan begitu juga jika anda mengkonsumsi makanan yang menurut anda menyehatkan namun konsumsinya yang terlalu banyak maka bisa di pastikan bahwa itu semua tidak akan ada efeknya bagi kesehatan anda malah hanya akan membuat masalah bagi anda.

Sehat adalah sesuatu yang sangat penting dan sangat mahal harganya. Karena tidak semua orang bisa merasakan sehat bahkan ada juga yang sampai merasakan sakit maka dari itu kesehatan sangat penting dan mahal harganya karena jika sudah mengalami yang namanya sakit maka berobat itulah yang akan menjadi mahal oleh karenanya perlu untuk menjaga kesehatan agar tubuh tetap sehat.

akibat serat berlebih di dalam tubuh

Berikut di bawah ini beberapa akibat jika kelebihan serat bagi tubuh.


Gangguan pada usus.

Fungsi utama makanan yang banyak mengandung serat adalah untuk membantu pencernaan kita menjadi lebih sehat dan menurunkan berat badan sehingga terhindar dari beragam resiko penyakit yang memungkinkan terjadi namun apa jadinya jika jumlah makanan yang banyak mengandung serat ini di konsumsi dalam jumlah atau ukuran yang berlebih maka ini tentu juga akan berbahaya bagi kesehatan maka dari itu jika mengkonsumsi makanan ini haruslah sesuai dengan takarannya dan jangan sampai berlebih dan salah satu akibat jika kelebihan serat di dalam tubuh adalah gangguan pada usus anda.

Lebih parahnya lagi jika kelebihan serat di dalam tubuh adalah akan membuat penyempitan pada usus anda sehingga secara otomatis maka makanan akan susah melewati usus sehingga akan terjadi penumpukan makanan pada usus dan yang lebih parahnya lagi untuk menyembuhkan penyakit ini maka harus melewati proses operasi. Maka dari itu konsusmsi makanan yang banyak mengandung serat harus sesuai dengan kewajaran.

Sembelit.

Manfaat serat adalah untuk mencegah sembelit di dalam tubuh namun apa jadinya jika karena seratlah yang akan membuat tubuh anda menjadi sembelit. Loh kok bisa, ? yah itu bisa saja terjadi karena kandungan vitamin dan mineral yang seharusnya terurai dan mencegah proses terjadinya sembelit malah di ikat oleh serat yang berlebih sehingga tidak bisa di serap oleh tubuh dan tidak hanya itu saja bhkan air pun dapat di ikat oleh serat yang berlebih di didalam tubuh sehingga ini akan memperparah terjadinya sembelit pada tubuh.

Kelebihan asupan serat di dalam tubuh ini akan membuat tubuh akan menjadi kering dan di sinilah tubuh akan membutuhkan lemak dan air namun karena mengkonsumsi serat berlebih dari yang seharusnya di konsumsi akan membuat tubuh menjadi kering. Karena tubuh menjadi kering maka tidak akan ada air yang berfungsi sebagai pelumas dan akibatnya akan terjadi sembelit pada tubuh.

Terjadinya malabsorbsi.

Malabsorbsi adalah satu keadaan dimana tubuh mengalami kesulitan untuk menyerap nutrisi dari makanan. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa tubuh membutuhkan asupan nutrisi yang cukup setiap harinya namun apa jadinya jika tubuh gagal menyerap nutrisi dari makanan yah itu bisa saja akan terjadi jika tubuh mengalami malabsorbsi. Ini terjadi akibat karena nutrisi yang terkandung di dalam makanan semuanya di ikat oleh serat yang berlebih di dalam tubuh.

Serat di berlebih di dalam tubuh sebenarnya akan menghambat tubuh akan mendapatkan asupan nutrisi dan vitamin yang cukup. Maka dari itu jika mengkonsumsi makanan haruslah yang sesuai dengan kewajaran dan jangan sampai mengkonsumsi makan berlebih yang malah akan membuat tubuh menjadi kurang sehat.

Kram di bagian perut.

Jangan pernah beranggapan bahwa kram di bagian perut hanya akan terjadi akibat dari cidera karena berolahraga yang berat yang sangat di paksakan atau kram hanya akan terjadi bagi wanita yang tengah sedang mengalami proses mentruasi, namun kram juga dapat terjadi karena di picu oleh kelebihan asupan serat di dalam tubuh yang akan membuat perut akan mengalami kram.

Perlu di ketahui bersama bahwa serat berlebih di dalam tubuh maka tubuh tidak akan sanggup menyerap dan mencernannya dan hanya akan membuat pencernaan terbebani maka dari itu jika mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat harus tetap yang sesuai dengan takarannya dan jangan sampai berlebih karena ini hanya akan membuat tubuh dan pencernaan akan terbebani.

Tubuh akan mengalami Dehidrasi.

Seperti pada fungsinya serat berfungsi untuk mengikat semua jenis yang masuk kedalam tubuh termasuk air dan apa jadinya jika serat di dalam tubuh itu berlebih dan ini hanya akan membuat tubuh kamu menjadi kekurangan nutrisi termasuk air karena semua telah di ikat oleh serat yang seharusnya di cernah oleh tubuh dan akibatnya tubuh akan mengalami dehidrasi.

Pernahkah anda mengalami dehidrasi yang begitu cepat ketika sedang mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat ? jika iya maka memang betul bahwa salah satu penyebab tubuh akan mengalami cepat dehidrasi karena serat mengikat semua jenis nutrisi dan vitamin termasuk air di dalam tubuh. Maka dari itu perlu pembatasan konsumsi makanan berserat tinggi dalam jumlah yang masih wajar.

Menyebabkan diare.

Akibat lain jika mengkonsumsi makanan berserat tinggi dalam jumlah yang melampaui batas kewajaran adalah akan mengakibatkan tubuh mangalami diare. Yah ini bisa saja terjadi dan ini sangat berlawanan dengan sembelit yang membuat tubuh menjadi susah buang air besar namun diare bisa saja terjadi akibat karena makanan yang masuk kedalam tubuh prosesnya sangat cepat sehingga dapat menyebabkan terjadinya diare pada tubuh.

oleh karena itu segala sesuatu yang di konsumsi secara berlebih itu sangat tidak baik hasilnya bagi kesehatan tetapi konsumsilah makanan yang sesuai denga kadar kewajaran saja dan jangan sapai melampai batas kewajaran karena efeknya tidak akan baik bagi anda.

Berat badan bertambah.

Nah sebelumnya di artikel yang lain yang pernah saya publish adalah manfaat serat bagi tubuh yaitu salah satunya dapat menurunkan berat badan namun ini malah sebaliknya terjadi yaitu dapat menyebabkan berat badan bertambah dan ini bisa saja terjadi karena sifat serat yaitu mengikat nutrisi dan vitamin maupun air di dalam tubuh maka jika tubuh kelebihan asupan serat maka ini akan membuat serat akan menyerap semua air di dalam tubuh dan akibatnya akan terjadi penumpukan air di dalam tubuh yang justru membuat berat badan akan bertambah.

TerPopuler