pengertian jamur dan cara hidup jamur -->

pengertian jamur dan cara hidup jamur

Dalam bahasa Inggris dikenal dengan sebutan mushroom, mush artinya tanaman(tumbuhan) dan room artinya rumah. Oleh karena itu, jamur merupakan tumbuhan rumah atautumbuhan yang membutuhkan rumah sebagai tempat berlindung. Jamur bersifat saprofit, yaituhidup pada bahan-bahan organik yang telah mati.

Jamur adalah fungi dengan bentuk seperti payung dan pada bagian bawahnya berbentuk bilah yang bagian organ reproduksi untuk menghasilkan spora. Jamurdikatakan sebagai organisme heterotrof karena jamur tidak dapat bersintesis sendiri sepertitumbuhan hijau akibat tidak adanya klorofil dalam selnya, sehingga hidupnya tergantung padaorganisme lain.

Sel jamur memiliki dinding yang tersusun atas kitin. Karena sifat-sifatnya tersebutdalam klasifikasi makhluk hidup, jamur dipisahkan dalam kingdomnya tesendiri, ia tidak termasuk dalam kindom protista, monera, maupun plantae. Jamur merupakan organismeeukariotik dengan struktur tubuh jamur ada yang terdiri atas satu sel saja (uniseluler),contohnya ragi. Akan tetapi tubuh jamur juga tersusun atas banyak sel (multiseluler),contohnya Rhizopus dan Penicillium.

Tubuhnya terdiri dari benang-benang yang disebut hifa. Hifa dapat membentukanyaman bercabang-cabang yang disebutmiselium. Reproduksi jamur, ada yang dengancara vegetatifada juga dengan cara generatif. Jamur menyerap zat organik dari lingkunganmelalui hifa dan miseliumnyauntuk memperoleh makanannya. Setelah itu, menyimpannyadalam bentuk glikogen. Jamur merupakan konsumen, maka dari itu jamur bergantung pada substratyang menyediakan karbohidrat, protein, vitamin, dan senyawa kimia lainnya. Semua zat itu diperoleh dari lingkungannya. Sebagai makhluk heterotrof, jamur dapat bersifat parasit obligat, parasit fakultatif, atau saprofit.

Cara hidup jamur lainnya adalah melakukan simbiosis mutualisme. Jamur yang hidup bersimbiosis, selain menyerap makanan dari organisme lain juga menghasilkan zat tertentuyang bermanfaat bagi simbionnya. Simbiosis mutualisme jamur dengan tanaman dapat dilihat pada mikoriza, yaitu jamur yang hidup di akar tanaman kacang-kacangan. Jamur berhabitat pada bermacam-macam lingkungan dan berasosiasi dengan banyak organisme.

Meskipunkebanyakan hidup di darat, beberapa jamur ada yang hidup di air dan berasosiasi denganorganisme air. Jamur yang hidup di air biasanya bersifat parasit atau saprofit, dan kebanyakandari kelas Oomycetes.

Fungi (jamur) adalah organisme eukariotik yang bersel tunggal atau banyak dengan tidak memiliki klorofil. Sel jamur memiliki dinding yang tersusun atas kitin. Karena sifat-sifatnya tersebut dalam klasifikasi makhluk hidup, Jamur dipisahkan dalam kingdom nya tesendiri,ia tidak termasuk dalam kindom protista,monera, maupun plantae. Karena tidak berklorofil, jamur temasuk ke dalam makhluk hidup heterotof (memperoleh makanan dari organisme lainnya), dalam hal ini jamur hidup dengan jalan menguraikan bahan-bahan organik yang ada di lingkungannya.

Umumnya jamur hidup secara saprofit (hidup dengan menguai sampah oganik seperti bankai menjadi bahan anoganik). Ada juga jamur yang hidup secara parasit (memperoleh bahan organik dari inangnya), adapula yang hidup dengan simbiosis mutualisme(yaitu hidup dengan organisme lain agar sama-sama mendapatkan untung).

TerPopuler