Fungsi dan manfaat serat bagi kesehatan tubuh manusia -->

Fungsi dan manfaat serat bagi kesehatan tubuh manusia

Fungsi dan manfaat serat bagi kesehatan tubuh manusia – Mungkin banyak orang yang beranggapan bahwa serat itu tidak begitu penting bagi kesehatan manusia namun jika anda paham betul mengenai serat maka saya bisa pastikan bahwa serat itu memiliki fungsi dan peranan yang sangat penting bagi kesehatan anda dan pada kali ini yang akan menjadi pembahasan adalah manfaat serat bagi kesehatan tubuh manusia.

Sehat adalah sesuatu yang sangat penting dan sangat mahal harganya karena dengan sehat maka semua aktifitas kita dapat kita jalankan dengan maksimal namun sebaliknya jika kita kurang sehat maka bisa di pastikan bahwa semua aktifitas tidak akan berjalan dengan baik, oleh karena itu perlu anda ketahui bahwa kesehatan itu sesuatu yang sangat berharga maka dari itu jagalah kesehatan untuk hidup yang lebih baik.

makanan yang banyak mengandung serat
Serat merupakan suatu nutrisi yang sangat penting bagi tubuh dan salah satunya adalah serat berfungsi bagi pencernaan, karena serat berfungsi untuk mengikat lemak di dalam tubuh yang kemudian lemak tersebut di cerna dan dirubah menjadi energi oleh tubuh manusia. Dan dari fungsi itulah maka tubuh akan menjadi lebih kuat dan segar karena energi di dalam tubuh tetap stabil.

Pada dasarnya serat tidak hanya berfungsi untuk mengikat lemak di dalam tubuh tetapi serat pada dasarnya memiliki fungsi yang sangat banyak sekali bagi tubuh manusia, seperti contoh serat memiliki fungsi untuk melancarkan pencernaan di dalam tubuh manusia, pernahkah anda mengalami susah buang air besar ? yah salah satu penyebab anda mengalami susah buang air besar adalah karena kurangnya serat yang anda konsumsi.

Selain dari fungsi tersebut diatas sebenarnya serat memiliki banyak lagi fungsi yang lainnya bagi tubuh diantaranya menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh, jadi jika ingin menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh anda maka sebaiknya konsumsilah serat yang banyak bagi kesehatan anda, fungsi lainnya lagi adalah untuk menurunkan berat badan seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa serat berfungsi untuk mengikat lemak di dalam tubuh yang kemudian tubuh merubahnya menjadi energi jadi dengan serat maka tidak akan mudah terjadi penumpukan lemak di dalam tubuh yang membuat berat badan semakin bertambah.

Berikut di bawah ini beberapa jenis makanan yang mengandung serat tinggi yang sangat baik bagi kesehatan.

Pada dasarnya serat itu di dapat dari beberapa jenis makanan karena dari semua jenis makanan ada yang mengandung serat yang tinggi namun ada juga yang mengandung serat yang rendah. Tubuh membutuhkan sekurang-kurangnya 25-35 gram perhari dan berdasarkan jenis kelamin perempuan membutuhkan serat sekurang-kurangnya 25 gram perhari dan 35 gram bagi kaum laki-laki. Dan berikut di bawah ini beberapa jenis makanan yang banyak mengandung serat alami diantaranya.

Buah Apel.

Buah apel adalah buah yang sangat populer bahkan nama dan penggunaannya di senangi oleh semua orang di dunia karena memang harus di akui bahwa apel memiliki rasa yang sangat enak dan dengan kandungan gizi yang baik bagi kesehatan dan selain itu apel juga di kenal dengan seratnya yang banyak serat buah apel tidak hanya terdapat pada daging buahnya saja namun serat apel juga terdapat pada kulitnya maka dari itu jika hendak mengkonsumsi buah apel maka sebaiknya jangan di kupas kulitnya tetapi di konsumsi bersama dengan kulitnya sebenarnya lebih baik.

Buah pisang.

Buah pisang adalah buah yang memiliki warna yang sangat mencolok dan dengan model tampilan yang berbeda dengan buah lain yaitu bulat memanjang dan sedikit melengkung dan juga memiliki rasa yang manis yang bisa di konsumsi secara langsung dan ataupun di olah menjadi jenis makanan yang berbeda. Buah pisang juga memiliki kandungan serat yang cukup banyak sehingga ini sangat baik bagi kesehatan manusia dan juga pencernaan.

Buah pir.

Buah yang satu ini adalah buah yang juga tidak kalah populer dengan jenis buah yang lainnya dan selain itu buah pir juga memiliki rasa yang enak dengan kandungan vitamin yang banyak di dalamnya dan ternyata buah pir ini juga mengandung serat alami yang cukup banyak sehingga baik untuk di konsumsi dan baik bagi pencernaan.

Buah alpukat.

Buah alpukat adalah buah yang pemanfaatanya sangat banyak dengan fungsi yang berbeda-beda. Ada yang menggunakan alpukat sebagai bahan kecantikan dan ada juga yang menggunakan alpukat sebagai obat alami dan ternyata alpukat selai sebagai bahan kecantikan juga memiliki serat yang baik bagi kesehatan pencernaan tubuh.

Buah pepaya.

Nah siapa sih yang tidak tau dengan buah yang satu ini yaitu buah yang paling banyak di jadikan sebagai rujak untuk makanan dan selain itu pepaya juga mengandung serat yang alami yang baik bagi kesehatan. Itulah alasan mengapa orang banyak mengkonsumsi buah pepaya jika sedang mengalami masalah dengan pencernaannya karena pepaya mengandung serat alami yang baik bagi kesehatan pencernaan.

Jambu merah.

Jambu merah adalah jenis buah yang bentuknya bulat dan memiliki warna daging yang berwarna merah dengan biji yang sangat banyak dan dengan rasa yang manis. Selain dari rasanya yang manis jambu merah juga memiliki serat yang banyak yang baik bagi kesehatan pencernaan. Saya teringat degan orang tua dulu jika sedang mengalami sembelit maka salah satu cara yang di lakukannya adalah dengan cara mencari jambu merah untuk mengatasi masalah sebelit yang sedang di alaminya dan ternyata betul bahwa jambu merah memiliki kandungan serat yang cukup banyak di dalamnya yang baik bagi pencernaan dan kesehatan tubuh manusia.

Biji jagung.

Nah buah yang satu ini identik dengan pop corn yaitu jagung yang telah di olah menjadi jenis makanan yang banyak di gandrungi oleh kaula muda selain dari rasanya yang enak jagung juga memiliki kandungan serat yang cukup banyak sehingga baik bagi kesehatan manusia jagung selain kaya akan kandungan seratnya juga rendah dengan kalorinya sehingga sangat baik bagi tubuh.

Kentang.

Kentang adalah sayuran yang pemanfaatannya sangat berbeda-beda. Banyak yang menggunakan kentang sebagai bahan kecantikan karena kandungan airnya yang cukup banyak kentang juga banyak di manfaatkan sebagai obat untuk membuat pencernaan semakin lancar dan baik karena kandungan seratnya yang alami yang baik bagi kesehatan tubuh manusia.

Brokoli.

Brokoli adalah jenis sayuran yang tidak hanya di gunakan sebagai campuran yang di olah menjadi sayuran saja tetapi banyak yang menggunakan brokoli sebagai jus karena kandungan vitamin dan seratnya yang banyak sehingga brokoli banyak di manfaatkan dan di konsumsi oleh manusia. Maka dari itu jangan pernah takut untuk mengkonsumsi brokoli karena dengan mengkonsumsi brokoli akan membuat tubuh kamu menjadi lebih sehat secara alami dan juga akan membuat pencernaan kamu menjadi lebih baik.

Beberapa jenis sayuran.

Mengkonsumsi sayuran memang sangat baik bagi kesehatan karena sayuran terkenal dengan kandungan gizi yang banyak di dalamnya namun apakah anda tau bahwa ada beberapa jenis sayuran yang banyak mengandung serat alami di dalamnya yang sangat baik jika di konsumsi untuk memperlancar pencernaan jadi jika anda mengalami masalah sembelit di perut anda maka sebaiknya konsumsilah sayuran yang banyak sehingga sembelit anda bisa teratasi dengan baik. Itulah beberapa jenis buah dan juga sayuran yang memiliki serat alami dan sebenarnya masih banyak lagi jenis buah dan sayuran yang lainnya yang memiliki kandungan serat alami di dalamnya.

TerPopuler