akibat bagi kesehatan jika kurang serat dalam tubuh -->

akibat bagi kesehatan jika kurang serat dalam tubuh

BroAndika.com – Sehat adalah hal yang sangat penting dan paling berharga, betapa tidak, karena dengan sehat maka semua aktfitas akan berjalan dengan baik dan lancar selain itu, pernahkah terpikir di dalam ingatan anda bahwa ketika seseorang sakit atau mungkin saja anda pernah mengalami yang namanya sakit, dan karena sakit maka yakin dan percaya bahwa tidak ada kegiatan ataupun aktifitas yang dapat berjalan dengan baik dan lancar. Maka dari itu anda dan termasuk saya harus menjaga kesehatan dengan baik agar bisa beraktifitas dengan penuh semangat.

Serat sendiri memiliki fungsi untuk mengikat lemak yang di hasilkan dari jenis makanan berlemak yang dikonsumsi yang kemudian akan di olah secara sempurna menjadi energi. Selain itu serat juga berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaan sehingga tidak mudah terjadi sembelit. Dan selain itu juga serat berfungsi untuk menurunkan berat badan dan ini terjadi karena fungsinya mengikat lemak yang kemudia di olah menjadi energi sehingga tidak terjadi penumpukan lemak di dalam tubuh manusia.

Pernahkah anda merasakan yang namanya sembelit, dan ketika mengalami sembelit pernahkah anda mengingat pesan orang tua untuk mengkonsumsi buah jambu, pepaya, apel maupun pisang ? Yah itu adalah salah satu cara yang sudah sangat tepat yang harus anda lakukan karena dengan mengkonsumsi buah yang seperti itu yakni buah yang kaya akan serat maka akan membuat pencernaan di dalam perut anda menjadi lebih sehat dan tidak akan mengalami sembelit lagi.

Dalam dunia kesehatan memang sangat di anjurkan untuk mengkonsusmsi yang namanya buah dan sayur yang kaya akan serat. karena pada dasarnya serat itu di hasilkan dari makanan yang di konsumsi sehari-hari seperti buah dan sayur. Para ahli gizi menyarakan agar tubuh manusia mendapatkan asupan serat yang cukup setiap harinya seperti 25-35 gram perharinya dan jika di bandingkan antara laki-laki dengan perempuan maka perempuan setidaknya mengkonsumsi serat sekurang-kurangnya 25 gram perharinya dan 35 gram perhari bagi laki-lakinya. Dengan begitu tubuh akan tercukupi dengan kebutuhan serat yang akan membuat pencernaan kamu menjadi lebih baik, dan sebelumnya saya sudah pernah menulis artikel manfaat serat bagi tubuh dan jenis buah yang mengandung banyak serat alami di web yang sama.

makanan yang banyak mengandung serat

Akibat jika kekurangan serat.

Nah yang menjadi pertanyaannya adalah apa akiba bagi kesehatan tubuh jika kekurangan serat. Sebenarnya ini adalah pertanyaan yang sangat menarik karena dari beberapa penelusuran yang pernah saya lakukan di Google membuktikan bahwa ada banyak hal yang dapat di timbulkan akibat dari kekurangan serat di dalam tubuh manusia. Dan berikut di bawah ini beberapa akibat yang di timbulkan jika tubuh kekurangan serat.

Sembelit.

Nah penyakit ini merupakan suatu hal yang mungkin semua orang pernah mengalaminya. Sembelit merupakan suatu kondisi tubuh di mana seseorang akan mengalami yang namanya susah buang air besar dan akan merasakan perut yang terasa penuh dan akan merasakan kurang nyaman di bagian perut. Sembelit ini terjadi karena pada umumnya kurangnya asupan serat di dalam tubuh manusia sehingga mudah mengalami sembelit atau susah buang air besar. Dan salah satu cara mengatasinya adalah dengan cara mengkonsumsi buah dan sayur-sayuran yang kaya akan kandungan serat alami di dalamnya.

Naiknya berat badan.

Nah ini yang perlu di perhatikan jika anda ingin kurus maka sebaiknya konsumsilah serat yang cukup sehingga tubuh anda tercukupi asupan serat. Karena pada dasarnya serat berfungsi untuk mengikat lemak di dalam tubuh yang kemudian sepenuhnya tubuh akan mengolahnya menjadi energi yang di butuhkan oleh tubuh manusia. Karena jika tubuh kurang mendapatkan asupan serat maka bisa di pastikan bahwa akan terjadi penumpukan lemak di dalam tubuh yang akan mengakibatkan berat badan seseorang menjadi naik.

Kadar gula darah menjadi kurang stabil.

Salah satu akibat lain jika mengalami yang namanya kurang serat adalah akan membuat kadar gula darah menjadi kurang stabil yang mengakibatkan terjadinya diabetes pada tubuh. Maka dari itu jika dalam sehari saja tubuh mendapatkan asupan serat yang kurang maka bisa di pastikan bahwa kadar gula darah di dalam tubuh menjadi tidak stabil maka dari itu sebelum anda terserang dengan penyakit yang namanya diabetes maka sebaiknya konsumsilah buah dan sayur yang kaya akan kandungan serat alami di dalamnya baca juga: cara mengenali orang yang mengalami diabetes.

Munculnya gangguan pencernaan.

Serat pada dasarnya memiliki fungsi dan peranan tersendiri yang sangat penting di dalam tubuh manusia karena dengan serat maka akan membuat sistem pencernaan menjadi lebih baik dan sebaliknya dengan kurangnya asupan serat maka bisa di pastikan bahwa tubuh akan mengalami beberapa gangguan pencernaan di dalam tubuh, dan berikut beberapa gejala kuraan serat yang bisa jadi dapat di alami yakni diare, radang usus, radang lambung, wasir, susah buang air besar, ambeyen, sakit perut, mual, dan bahkan sampai mengalami usus buntu jadi serat memiliki fungsi dan peranan yang sangat peting bagi pencernaan di dalam tubuh manusia. Maka dari itu yang perlu anda perhatikan dalam hal ini adalah tidak hanya mengkonsumsi air putih yang cukup tetapi juga konsumsi makanan yang banyak mengandung serat di dalamnya.

Munculnya beberapa jenis penyakit.

Ada dua perkara di dalam diri manusia yaitu sehat dan sakit. Dan ini menjadi sesuatu yang sangat umum karena jika manusia tidak sehat berarti dia sedang sakit dan sebaliknya jika dia tidak dalam keadaan sakit beratri dia sedang sehat. Dan sakit ada beberapa jenis penyebabnya dan salah satunya adalah karena kurangnya asupan serat di dalam di dalam tubuh manusia. Dan berikut beberapa jenis penyakit yang dapat di timbulkan akibat jika kekurangan asupan serat di dalam tubuh diantaranya. Kolesterol, obesitas, batu empedu, kencing manis, hipertensi, diabetes, bahkan hingga sampai terkena kanker usus. Maka dari itu konsumsilah serat yang cukup untuk membuat tubuh menjadi lebih sehat dan segar dalam beraktifitas sehari-hari.

Selain itu banyak pertanyaan yang sering muncul dan di arahkan kepada saya bahwa dari mana sih serat itu bisa kita dapatkan maka jawaban dari pertanyaan itu sangatlah simpel yakni di dapatkan dari beberapa jenis buah dan sayuran. Maka dari itu konsumsilah sayur dan buah untuk mencukupi asupan serat di dalam tubuh kamu karena dengan serat maka pencernaan akan menjadi lebih sehat.

Itulah beberapa akibat yang di timbulkan jika tubuh mendapatkan asupan serat yang kurang cukup yang dapat saya bagikan dan tuliskan pada pembahasan artikel pada kali ini dan semoga bisa berguna dan bermanfaat bagi kita semua dan terutama bagi diri penulis sendiri tentunya dan jangan lupa juga membaca beberapa artikel menarik lainnya yang telah saya share melalui web sederhana saya ini dan semoga bisa menginspirasi dan membuat kita semua menjadi lebih sehat seterusnya. BroAndika.com

TerPopuler