pola hidup sehat bagi para lansia (orang lanjut usia) -->

pola hidup sehat bagi para lansia (orang lanjut usia)

BroAndika.com pola hidup sehat lansia. Lansia adalah orang yang sudah lanjut usia, dan biasanya lansia adalah orang yang sangat rentang akan mendapatkan serangan penyakit. Dan biasanya lansia ini mudah di serang oleh penyakit seperti stroke, diabetes, kolsterol, dan asam urat, dan inilah yang sebenarnya yang harus di hindari agar tidak menyerang para kaum lansia (lanjut usia).

Menjaga kesehatan bagi kaum lansia adalah hal yang paling utama karena jika lansia sudah terserang oleh penyakit maka yang menjadi permasalahan adalah penyakit itu akan menjadi susah untuk di hilangkannya, karena memang benar lansia ini adalah orang yang paling mudah mengalami penyakit atau dengan kata lain rentang akan penyakit, jadi sebelum mendapatkan penyakit maka harus ada pencegahan sebelumnya.

Terdapat berbagai macam jenis alasan mengapa lansia menjadi mudah terserang penyakit diantaranya karena daya tahan tubuhnya sudah tidak lagi kuat seperti saat dia masih muda dan juga pastinya karena umurnya juga yang mempengaruhi, dan penyakit lain selain diatas yang mudah di alami oleh para lansia adalah pendengaran yang sudah tidak lagi kuat seperti sebelumnya, pengelihatan yang mulai buram, dan otot-ototnya tidak sekuat lagi saat masih muda. Dan berikut di bawah ini beberapa cara hidup sehat bagi para lansia agar tetap sehat.

Dimulai dari makanan.
Lansia pada umumnya seperti yang telah saya kemukakan sebelumnya bahwa lansia tidak lagi memiliki daya tahan tubuh yang sekuat sebelumnya maka dari itu lansia memerlukan jenis makanan yang kaya akan kandungan gizinya agar daya tahan tubuhnya bisa tetap stabil dan mampu menahan semua jenis penyakit yang hendak menyerangnya, karena jika daya tahan tubuhnya sudah mulai melemah maka dia akan menjadi rentang untuk mengalami penyakit. Dan jenis makanan yang seharusnya di konsumsi oleh para lansia adalah sayur-sayuran hijau, dan buah-buahan segar, dan sebaiknya jika lansia itu jangan di berikan makanan yang memiliki kadar gula yang tinggi, dan atau terlalu asin, dan sebaiknya jika menghindari jenis daging nabati atau daging hewan selain daging ikan karena ini akan membuat pencernaannya menjadi bermasalah jika konsumsi daging berlebih baginya.

Olahraga yang cukup.
Nah ini juga adalah merupakan sesuatu yang sangat perlu bagi para lansia yakni berolahraga karena dengan berolahraga maka semua otot-ototnya bisa bekerja dan jantungnya juga dapat bekerja secara maksimal dan juga pernapasannya juga bisa stabil. Karena kebanyakan orang yang sudah lanjut usia biasanya sudah tidak lagi menghiraukan berolahraga karena baginya olahraga tidak lagi memiliki peranan yang sangat penting baginya namun jika di kaji lebih dalam ternyata olahragalah yang sebenarnya menjadi sesuatu yang sangat penting untuknya karena dengan berolahraga maka akan membuat tubuhnya akan menjadi tetap segar dan bugar meskipun sudah tua.

Istrahat yang cukup.
Disisi lain terdapat lansia yang tidak lagi memperhatikan waktu istrahatnya namun sebenarnya istrahatlah yang juga harus di prioritaskan baginya karena dengan beristrahat yang cukup akan membuat tubuhnya akan menjadi tetap sehat dan segar. Dan bagi para lansia seharusnya mendapatkan waktu beristrahat setidaknya delapan jam perhari agar saat setelah dia bagun maka dia akan merasakan tubuhnya akan tetap menjadi sehat dan segar.

Konsumsi kalsium.
Yang perlu diperhatikan bagi para lansia juga adalah konsumsi kalsium yang cukup karena banyak diantara orang tua yang sudah tidaklagi mempedulikan kalsium yang di butuhkan tubuhnya namun sebenarnya bagi para lansia itu sangat membutuhkan kalsium yang cukup untuk membuat tubuhnya dan tulangnya bisa tetap kuat dan tidak cepat mengalami keropos dan membuatnya menjadi lemah. Karena banyak para lansia yang mengalami tulangnya menjadi keropos dan akhirnya membuatnya susah berjalan lama dan mengalami kesakitan pada bagian persendiannya dan oleh karena itu para lansia sangat perlu menjaga kesehatannya agar tetap sehat dan segar baik dalam kondisi apapun.

Maka dari itu perlu malakukan pencegahan terhadap penyakit yang bisa jadi akan timbul nantinya bagi para lansia karena pada dasarnya lebih baik mencegah daripada mengobati. Dan tetap lakukan pola hidup sehat agar tubuh anda tetap bugar dan sehat nantinya.

TerPopuler