pentingnya olahraga bagi tubuh para lansia (orang lanjut usia) -->

pentingnya olahraga bagi tubuh para lansia (orang lanjut usia)

BroAndika.com – cara berolahraga yang baik bagi para lansia. Bagi para lansia (lanjut usia) kesehatan adalah hal yang paling utama dan penting baginya karena dengan berolahraga maka tubuhnya akan tetap menjadi sehat segar dan bugar dan selain dari itu bagi para lansia dengan berolahraga maka tubuh akan terhindar jauh dari segala jenis penyakit yang memungkinkan dapat menyerangnya.

Olahraga tidak hanya berguna bagi orang yang masih muda saja untuk membuat tubuhnya sehat, segar dan bugar namun olahraga juga berperan penting bagi para kaum lansia. Namun ini kebanyakan yang sebagian lansia menghiraukannya dan akibatnya membuat mereka mudah untuk terserang penyakit yang bahkan sampai penyakit itu menjadi susah untuk di sebuhkannya.

Tidak dapat di pungkiri bahwa lansia adalah orang yang mudah mengalami penyakit karena daya tahan tubuhnya yang sudah tidak lagi sehebat saat dia masih muda. Dan kebanyakan diantaranya banyak yang mengalami penyakit karena kurang meperhatikan olahraganya seperti penyakit cepat lupa, diabetes, asam urat, penyakit kolesterol, dan penyakit yang lainnya dan alangkah baiknya jika mulai dari sekarang lakukan pencegahan terhadap kemungkinan-kemungkinan yang dapat menimpa lansia nantinya.

Seperti kata pepatah bahwa tidak ada kata terlambat dalam setiap usaha, maka dari itu jangan mengatakan bahwa anda sudah terlambat untuk berolahraga saat usia anda sudah mencapai enam puluhan namun sadarilah jika anda tidak melakukan kebiasaan sehat saat usia anda masih mudah maka sekaranglah waktunya untuk anda melakukan perubahan terhadap diri anda untuk membuat kesehatan anda menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Setiap gerakan yang anda kerjakan adalah sudah termasuk olahraga bagi para lansia dan tetap memastikan bahwa tubuh anda tidak dalam keadaan duduk yang terlalu lama dan tidak dalam keadaan berbaring yang terlalu lama dan setidaknya buatlah jadwal bagi anda untuk melakukan gerakan setidaknya 30 menit setiap harinya untuk membuat otot anda tetap bekerja dengan baik dan membuat tulang anda agar tetap kuat dan tidak mudah mengalami keropos.

Dari berbagai macam jenis penelitian yang pernah di lakukan oleh para ahli bahwa olahraga bagi para lansia sangat berguna untuk menghindarkan dirinya dari segala macam jenis penyakit yang memungkinkannya dapat menyerang tubuhnya, seperti diantaranya dengan berolahraga maka secara langsung lansia tersebut sudah mengusir penyakit sendi dari tubuhnya atau penyakit artritis, dengan berolahraga maka dia akan terhindar dari penyakit jantung, dengan berolahraga maka dia akan terhindar dari penyakit diabetes, dengan berolahraga maka dia akan terhindari dari penyakit stroke, dengan berolah raga maka dia akan terhidar dari jenis penyakit mematikan lainya seperti penyakit jantung, dan dengan berolahraga maka dia akan terhindar dari penyakit gangguan mental dan depresi.

Bagi para lansia tidak perlu melakukan olahraga fisik yang terlalu berat seperti misalnya karate, lari jarak jauh, sampai mengangkat beban, bagi para lansia tidak perlu melakukan hal itu namun mereka hanya perlu melakukan aktifitas fisik yang ringan ringan saja yang bisa membuat tubuhnya akan tetap sehat dan segar seperti contoh misalnya membersihkan rumah, dan itu sudah termasuk olahraga bagi mereka yang tidak terlalu berat.

Selain dari itu juga jalan kaki, ini adalah salah satu contoh olahraga yang cukup di lakukan baginya, olahraga lainnya adalah bersepeda, ini juga jenis olahraga yang tidak terlalu berat yang mestinya harus dilakukan olehnya karena dengan bersepeda maka akan membuat otot dan tulang kakinya tetap kuat selain itu akan membuat kinerja jantung dapat menjadi normal, olahraga lainnya yang bisa di lakukan oleh para lansia adalah olahraga renang, dengan berolahraga renang akan membuat konsentrasi, tulang, dan kinerja jantungnya dapat normal kembali.

Pada dasarnya lansia hanya perlu melakukan olahraga yang ringan saja namun bisa membuatnya menjadi sehat kembali. Olahraga lainnya yang bisa di lakukan lansia andalah dengan melakukan yoga untuk membuat pikiran dan perasaannya menjadi lebih tenang dan agar dapat terhindar dari penyakit gangguan jiwa. Karena tidak hanya orang yang masih muda saja yang membutuhkan olahraga namun anda yang sudah lansia juga perlu melakukan olahraga yang cukup. baca juga: pola hidup sehat bagi para lansia

TerPopuler