cara sehat merawat gigi dan mulut dengan benar -->

cara sehat merawat gigi dan mulut dengan benar

BroAndika.comcara sehat merawat gigi dan mulut dengan benar. Gigi adalah hal yang paling penting dari bagian tubuh karena dengan bantuan gigilah maka kita akan sangat mudah dalam mengunyah semua jenis makanan namun dengan tanpa gigi maka ini akan sangat mempersulit dalam proses pencernaan makanan. Karena gigi memiliki fungsi untuk menghancurkan semua jenis makanan yang kita konsumsi sebelum makanan tersebut masuk kedalam perut kita.

Namun yang menjadi permasalahan hampir semua orang adalah sulitnya merawat gigi dengan benar bahkan dari beberapa orang yang pernah saya temui adalah ada diantaranya menjadi tidak peduli dengan kesehatan giginya dan mulutnya namun sebenarnya ini adalah hal yang paling penting karena dengan mulut yang bersihlah maka bakteri akan susah berkembang biak di dalamnya namun sebaliknya dengan mulut yang tidak bersih maka itu akan menjadi sarang perkembangan biakan bakteri dan akan masuk kedalam perut yang kemudian akan membuat masalah bagi kesehatan anda.

Jika kita mengetahui cara merawat mulut dan gigi dengan benar maka ini akan sangat mudah untuk kamu lakukan namun sebaliknya jika kurang mengetahui cara merawat mulut dan cara merawat gigi dengan benar maka ini akan menjadi sesuatu hal yang sangat susah untuk kamu lakukan maka dari itu mulai sekarang kamu harus tau cara merawat gigi dengan benar dan cara merawat mulut dengan benar. Karena dengan mulut yang bersih dan sehat maka akan membuat tubuh juga akan ikut sehat karena mulut merupakan salah satu yang menjadi portal masuknya bakteri yang kemudian membuat kamu menjadi sakit. Dan berikut di bawah beberapa cara merawat gigi dan mulut secara sehat yang harus anda baca.

Sikat gigi dengan benar.
Nah ini adalah salah satu permasalahan dasar yang hampir semua orang melakukan kesalahan dalam hal ini karena beberapa diantara mereka masih bigung dan merasa pusing cara menyikat gigi dengan benar, karena pada dasarnya cara merawat dan menyikat gigi yang salah maka akan merusak gusi maka dari itu perlu cara melakukannya dengan benar.

Adapun cara menyikat gigi dengan benar adalah dengan cara menyikat dengan satu arah seperti misalnya gigi depan disikat dengan arah dari atas kebawah dan untuk gigi bagian dalam maka bisa menyikatnya dengan cara melingkar ini di karenakan agar supaya semua sisa sisa makanan yang terselip di sela-sela gigi bisa tersapu dengan bersih dan juga yang harus di perhatikan adalah jangan menyikat gigi dengan menekan terlalu keras karena ini akan membuat gusi menjadi rusak dan menyebabkan gusi menjadi bedarah dan usahakan memilih sikat gigi yang tidak terlalu keras dan pilihlah sikat gigi yang berbulu lembut.

Perhatikan waktu menyikat gigi yang benar.
Meyikat gigi adalah sesuatu yang di haruskan karena dengan menyikat gigi maka semua sisa-sisa makan yang menempel di bagian gigi bisa hilang semuanya dan gigi juga menjadi lebih bersih, dan yang harus di perhatikan dalam hal ini adalah waktu menyikat gigi yang benar karena banyak juga orang yang kurang memperhatikan hal ini dan waktu yang tepat menyikat gigi yang benar adalah pada saat pagi hari dan sebelum tidur malam.

Menyikat gigi diwaktu pagi hari adalah sesuatu yang memang sebaiknya harus di lakukan dan alangkah baiknya jika di lakukan saat setelah sarapan pagi agar tidak ada lagi sisa-sisa makanan yang masih menempel di bagian gigi dan menyikat gigi di malam hari sebelum tidur juga di anjurkan karena saat sedang tidur maka mulut tidak lagi memproduksi enzim sehingga bakteri juga mudah berkembang biak di mulut kamu dan akan merusak semua sel-sel gigi kamu maka alangkah baiknya jika membersihkan gigi ini di lakukan dengan cara yang benar dan baik.

Jangan menggunakan tusuk gigi.
Ini juga yang masih sangat banyak di lakukan oleh kebanayakan orang yakni setelah mengkonsumsi makanan dan merasa bahwa ada makanan yang masih terselip di bagian giginya maka dia mengambil lidi atau apapun sejenisnya dan mengoreknya, namun sebenarnya ini adalah salah satu cara yang salah dilakukannya karena ini akan menyebabkan gusi menjadi rusak dan juga akan menyebabkan pergeseran diantara gigi, maka tidak jarang jika setelah menggunakan tusuk gigi menyebabkan gusi menjadi berdarah dan ini bisa saja akan menimbulkan infeksi maka alangkah baiknya jika hal ini dihindari dan alangkah baiknya jika setelah makan menyikat gigi agar semua makanan yang masih menempel di gigi bisa hilang dengan sikat gigi.

Mengerok kotoran dilidah.
Lidah juga menjadi salah satu hal yang peting dalam proses memeriksakannya karena lidah memiliki fungsi dan peranan tersendiri dan lidah berfungsi untuk membalikkan makanan yang sedang di kunyah oleh gigi dan lidah juga menjadi sumber pengecap atau menjadi sumber perasa. Dan biasanya kita menemukan lidah kita terdapat plak kotoran yang berwarna putih yang sebaiknya harus di hilangkan dan adapun cara menghilangkannya adalah dengan cara mengeroknya dengan menggunakan sikat gigi atau dengan menggunakan alat kerokan khusu lidah dan asalkan tidak melukai lidah kamu.

Nah kebiasaan ini juga sebenarnya yang menjadi sumber masalah bagi kesehatan mulut dan gigi kamu maka dari itu perlu di perhatikan kebiasan ini agar sebaiknya di hindari atau di hentikan saja karena bukannya manfaat negatif yang di timbulkannya namun sebaliknya dampak negatiflah yang banyak di timbulkannya seperti contoh kebiasaan merokok akan menyebabkan gusi menjadi berwarna hitam gelap dan gigi juga menjadi menguning, membuat mulut menjadi beraroma rokok, dan yang paling parahnya adalah mampu membuat mulut mudah terserang penyakit kanker mulut, maka dari itu sebaiknya kebiasaan buruk inilah yang harus anda hindari.

TerPopuler