manfaat menemani anak untuk bermain bersama -->

manfaat menemani anak untuk bermain bersama

BroAndika.com - Bermani bersama dengan anak memang akan memiliki pengaruh yang baik untuk perkebangan dan pertumbuhan si anak. Namun kenyataannya bahwa banyak orang tua yang terlalu sibuk dengan urusan dan permasalahannya sendiri sehingga menjadi alasan bagi mereka utuk tidak bisa menemani anaknya dalam bermain. Dan bahkan adapun orang tua yang memang enggan untuk menemani anaknya untuk bermain bersama.

Sebenarnya menemani anak anda bermain itu akan membawa dampak positif terhadap perkembangan otak si anak anda tersebut, anak yang sering bermain dengan orang tuanya juga memiliki hubungan yang sangat erat diantara keduanya karena dengan terjalinnya hubungan yang harmonis antara anak dengan orang tua akan membentuk pribadi anak menjadi lebih baik.

Dijaman yang semakin dewasa ini misalnya banyak anak yang kurang mendapatkan perhatian dan pengawasan dari orang tuanya membuat si anak tersebut mencari sesuatu yang menurutnya akan membuatnya merasa nyaman dan tak jarang diantara mereka kita menemukan anak yang hanyut didalam pergaulannya dan membuatnya jauh dari kontrol emosional sianak yang baik dan akibatnya banyak diantara mereka berbuat sesuatu yang tidak semestinya di perbuat oleh anak tersebut (perilaku menyimpang).

Jadi sesibuk apapun anda maka berusahalah untuk meluangkan waktu anda untuk bersama bermain dan memberikan perhatian khusus kepada anak anda karena sejatinya anak membutuhkan kasih sayang dan perhatian dari orang tuanya. Dan berikut alasan mengapa orang tua perlu menemani anaknya saat bermain.

Membantu anak dalam mengembangkan skil dan kemampuannya.
Alasan pertama anda harus menemani anak anda bermain adalah karena dengan bermain maka anda akan lebih mampu mengetahui apasih yang sebenarnya kemampuan anak anda ? dan dengan mengetahui kemampuan anak anda maka dengan mudahnya anda akan membantunya untuk mengolah dan mengasah skill tersebut hingga menjadi anak yang memiliki skill dan kemampuan yang matang. Karena sejatinya setiap anak memiliki kemampuan dan skill yang berbeda-bedaa hanya saja mereka tidak mampu mengembangkan skill yang dimilikinya dan di situlah peran orang tua sebenarnya untuk membantu sianak dalam mengelola dan mengembangkan skill yang dimilikinya dan peran anda selanjutnya adalah mengarahkan anak tersebut ke arah yang sesuai skill yang dimilikinya agar skill yang dimilikinya tidak digunakan untuk hal-hal yang sifatnya negatif.

Terciptanya hubungan yang lebih harmonis.
Diera yang semakin dewasa seperti sekarang ini karena kesibukan orang tuanya dengan pekerjaannya membuatnya lupa akan waktu yang harus disiapkan untuk bersama dengan anaknya namun sebenarnya sesibuk apapun anda dengan pekerjaan anda maka berusahalah untuk menjadi orang tua yang baik terhadap anak anda karena dengan menemani anak anda dalam bermain atau meluangkan waktu untuk anak anda akan menciptakan hubungan keterikatan yang lebih kuat diantara kalian. Dan selain dari itu menemani anak bermain akan membuat anda lebih mudah dalam mengontrol setiap kegiatan yang dilakukan oleh anak anda dan akan dengan mudah anda dalam mengajarkan hal-hal yang sifatnya baik.

Membuat anak anda menjadi lebih percaya diri.
Anak yang selalu mendapatkan perhatian penuh dari orang tuanya biasanya membuat anak tersebut menjadi lebih percaya diri dari sebelumnya seperti contoh misalnya seorang ayah yang bermain dengan anaknya biasanya anak tersebut akan menjadi lebih aktif secara fisik, dan sementara anak yang bermain dengan ibunya akan menjadi anak yang lebih disiplin dan melakukan sesuatu sesuai instruksi dari orang tuanya intinya anak yang bermain dengan orang tua biasanya menjadi anak yang lebih percaya diri karena anak tersebut mendapatkan dukungan dan kontrol yang baik dari orang tuanya.

Anak yang percaya diri, aktif dan pintar memang tidak pernah lepas dari yang namanya dukungan dari kedua orang tuanya karena dengan dukungan dan kontrol yang baik dari kedua orang tua membuat anak tersebut menemukan jati dirinya yang sebenarnya karena bantuan dan kontrol yang baik. Ketika orang tua sedang bermain dengan anaknya maka berusahalah dalam memahami setiap keinginan dan kemauan anak anda dan jangan memberikan teguran secara keras kepada anak anda namun berikanlah teguran kepadanya secara perlahan dan halus.

Disisi lain orang tua juga harus mampu menjadi teman dan sahabat yang baik terhadap anaknya. Dan sesekali biarkanlah anak anda untuk memegang kendali namun harus tetap mendapatkan kontrol yang baik dari orang tuanya dan biarkan anak anda dalam mengeksplorasikan semua kemampuannya sesuai dengan keinginannya namun tetap juga harus anda kontro dengan baik anak anda.

TerPopuler