cara mendidik anak sejak dini agar tumbuh menjadi pribadi yang bijak -->

cara mendidik anak sejak dini agar tumbuh menjadi pribadi yang bijak

BroAndika.com – Diera modern seperti sekarang ini banyak anak yang larut dalam pergaulannya dan akibatnya banyak diantara mereka melakukan tidakan yang sudah sangat melanggar entah alasanya apa yang mendorong mereka berbuat suatu tindakan yang melanggar, itu hanya mereka sendiri yang tau. Namun inilah faktanya bahwa diera modern seperti sekarang ini dimana perkembangan zaman semakin canggih maka semakin meningkat pula tindakan yang dilakukan yang melanggar baik dari orang dewasa maupun dari anak kecil sekalipun.

Diera yang semakin modern ini banyak anak yang juga tidak bertanggung jawab setelah melakukan sesuatu yang telah dilakuknanya. Entah alasannya juga apa yang membuatnya menjadi pengecut dan tidak bertanggung jawab namun inilah faktanya. Namun sebenarnya jika abak mendapatkan didikan yang benar dari orang tuanya maka seorang anak juga bisa menjadi pribadi yang lebih baik dan menjadi anak yang lebih bertanggung jawab.

Peran orang tua dalam mendidik anak adalah hal yang paluing penting bagi perkembangan karakter sianak dan orang tua juga tidak boleh melepaskan dirinya dari kontrol terhadap anaknya karena dengan kontrol yang baik dan ajaran yang baik maka saya yakin bahwa anak tersebut dapat terbentuk menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya. Dan untuk membentuk kepribadian anak agar menjadi lebih baik maka sebaiknya ajarkan dia tentang cara kerja keras, pendidikan moral dan ajarkan dia tentang cara bertanggung jawab yang baik. Dan berikut dibawah ini cara membentuk kepribadian anak agar menjadi pribadi yang baik dan benar adalah.

Ajarkan dia tentang tanggung jawab.
Diera yang semakin dewasa ini banyak anak yang terbentuk dengan kepribadian yang tidak bertanggung jawab atau biasa disebut dengan pengecut setelah dia melakukan sesuatu kesalahan maka dia hanya bisa bersembunyi dan tidak bertanggung jawab namun sebenarnya anak yang baik adalah anak yang mempertanggung jawabkan semua yang telah dilakukannya dan menerima segala konsekuensi yang semestinya harus diterima olehnya. Dan dengan ajaran tentang tanggung jawab maka anak akan tumbuh dengan pribadi yang baik dan bertanggung jawab.

Ajarkan dia tentang pendidikan moral.
Moral adalah aspek utama dalam keperibadian seseorang dengan moral yang baik maka dia akan lebih mampu untuk menghargai orang yang lebih dewasa darinya. Karena seperti di era yang semakin dewasa ini sudah tidak susah lagi kita menemukan anak yang memiliki prilaku yang menurut saya sudah tidak bermoral lagi jadi alagkah baiknya jika setiap anak harus dibekali dengan pendidikan moral yang baik karena dengan pendidikan moral yang matang maka itulah yang akan menjadi pedomannya untuk mampu menghargai orang yang lebih tua darinya.

Bina hubungan yang baik terhadap anak anda.
Salah satu yang menjadi fakto banyaknya terjadi penyimpangan yang dilakukan oleh anak-anak adalah karena karena tidak terciptanya hubungan yang baik atau tidak terjalinnya hubungan yang baik antara anaka dengan orang tuanya inilah yang menjadikan seorang anak menjauh dari orang tuanya dan akibanya membuat hubungan tersendiri dengan teman-temannya dan akhirnya larut didalam pergaulan yang tidak semestinya dilakukan. Maka dari itu bentuklah hubugan yang baik dengan anak anda dan ajaklah dia berdiskusi dengan anda atau anda juga bisa mengajaknya berbicara tentang hal-hal yang telah dilakukannya pada hari itu. Dan atau ajaklah dia berkomunikasi selayaknya anda adalah teman ataupun seorang sahabat.

Berikan contoh yang baik.
Faktor lain yang paling banyak menyebabkan seorang anak menjadi nakal dan tidak memiliki keperibadian yang baik adalah karena orangtuanya sendirilah yang memberikan contoh yang tidak benar terhadap anaknya yang seharusnya contoh yang baik yang harus diperlihatkannya namun sebaliknya menunjukkan contoh yang kurang benar seperti contoh orangtua bertengkar didepan anaknya, orang tua dengan sengaja mengucapkan kata-kata kotor didepan anaknya, namun harus diketahui bahwa anak adalah manusia peniru paling handal jadi sebaiknya jika anak anda sejak dini anda harus ajarkan tentang hal-hal yang baik dan benar karena dengan ajaran yang baik dan benar maka akan membentuk keperibadian anak menjadi lebih baik ketika berada dilingkungan masyarakat.

TerPopuler