cara membuat kehamilan terasa nyaman -->

cara membuat kehamilan terasa nyaman

BroAndika.com – saat sedang hamil adalah saat saat dimana tubuh menjadi terasa cepat lelah dan banyak diatara mereka yang sedang hamil mengalami perasaan yang kurang nyaman. Karena memang harus diakui bahwa proses kehamilan membutuhkan tenaga dan kesiapan yang memang harus dipersiapkan oleh setiap calon ibu.

Banyak orang yang sedang hamil mengakui bahwa kondisinya sedang mengalami penurunan dan perasaannya menjadi kurang nyaman dan membuatnya menjadi cepat lelah baik ketika beraktifitas maupun saat tidak sedang beraktifitas. Oleh karena itu sebelum memutuskan untuk hamil maka alangkah baiknya jika mempersiapkan diri dahulu apakah sudah siap dan atau apakah kondisinya sedang sehat. Karena dengan persiapan dan kondisi yang memungkinkan akan membuatnya menjadi merasa nyaman.

Saat sedang hamil banyak wanita merasakan lelah yang berlebihan dan ini terjadi karena bertambahnya bobot berat badan sehingga membutuhkan tenaga yang lebih dan mengakibatkan banyak area tubuh yang terasa sakit dan merasakan kurang nyaman saat sedang hamil. Kebanyakan wanita hamil merasakan lelah pada bagian punggungnya karena ini adalah area hospot yang memang harus memerlukan tenaga yang lebih ekstra, sehingga mampu menyebabkan tubuh menjadi kurang terasa nyaman. Danberikut dibawah ini beberapa cara yang dapat anda terapkan pada saat sedang hamil yang dapat mengurangi sedikit rasa kurang nyaman saat anda sedang hamil.

Tetap mengontrol berat badan.
Coba anda bayangkan ketika anda sedang hamil dan lantas anda tidak pernah mengontrol berat badan dan ini tentu akan berpengaruh terhadap anda dan ini akan membuat anda menjadi lebih lelah karena dengan bertambahnya berat badan ini tentu akan menambah tekanan pada punggung anda dan akibatnya akan membuat anda menjadi lebih lelah dari sebelumnya karena akibat dari bertambahnya berat badan. Untuk mengontrol berat badan bukan berarti harus diet karena ini tentu juga akan berbahaya terhadap bayi anda. Dan alangkah baiknya jika hal ini lakukan konsultasi kepada dokter terpercaya anda.

Jangan menggunakan high heel.
Mungkin semua wanita setuju bahwa menggunakan high heel membuat kita merasa lelah terlebih lagi jika penggunaannya yang dalam jangka waktu lama. Berbicara tentang high heel bagi orang yang sedang tidak hamil pun akan merasakan lelah jika menggunakan high heel terlebih lagi bagi orang hamil yang berat badannya sedang bertambah. Sebenarnya menggunakan high heel ini tidak mampu menyangga dengan baik semua berat badan malah hanya akan menambah berat badan di bagian kaki yang otot-ototnya saling terhubung satu dengan yang lain. Otot kaki yang pegal akan mempengaruhi otot punggung juga dan akibatnya akan membuat otot punggung bertambah lelah hingga terasa sakit, jadi alangkah baiknya jika anda memilih sepatu ataupun sandal yang datar dan ini akan membuat anda menjadi lebih nyaman. Dan high heel juga sangat berbahaya bagi orang hamil utamnya ketika menggunakan high heel lantas mengalami kaki tergilir ini akan berbahaya untuk kandungan anda.

Gunakan penyangga pada punggung.
Hal biasa yang dialakukan oleh banyak wanita sedang hamil adalah duduk dengan posisi yang sebenarnya tidak boleh dilakukan oleh wanita hamil. Seperti contoh wanita sedang hamil duduk bersilang dan ini sebenarnya hal yang sebaiknya jangan dilakukan karena akan mampu membuat panggul menjadi maju dan membuat otot punggung tertarik dan sebaiknya hindari duduk yang tidak terlalu lama. Dan juga gunakan kursi yang dilengkapi penyangga dibagian punggung dan memiliki sandaran tangan dan alangkah baiknya jika menggunakan banyal yang dapat menyangga bagian punggung sehingga punggung juga tidak terasa sakit dan lelah.

Senam.
Berhubung karena bagian punggung yang biasa mengalami sakit yang berlebihan maka alangkah baiknya jika membiasakan diri melakukan senam punggung supaya otot-otot punggung bisa terasa nyaman dan mampu mengurangi rasa kurang nyaman dibagian perut. Kebiasaan lain yang dilakukan yang sebaiknya harus dikurangi bahkan dihindari oleh wanita hamil adalah posisi membungkuk dan saat sedang hendak mengambil sesuatu maka alangkah baiknya jika jika berlutut. Karena dengan membungkuk akan membuat otot paha anda bekerja lebih keras dari sebelumnya jadi alangkah baiknya jika menghindari posisi membungkuk.

TerPopuler