cara membuat anak menjadi gemar membaca -->

cara membuat anak menjadi gemar membaca

BroAndika.com - Diera semakin dewasa ini banyak anak yang lebih fasih dalam menggunakan gadget di bandingkan dengan membaca buku. Bagaimana tidak. Ini terjadi karena adanya dorongan secara tidak langsung yang dilakukan oleh orang tua terhadap anaknya. Ini juga berawal dari kebiasaan kecil yang diajarkan kepada anak namun membawa dampak yang negatif nantinya kepada anak anda.

Anggaplah misalnya ketika anda sedang menggunakan gadget dan bermain game di depan buah hati anda dan dengan sengaja ataupun dengan tidak sengaja anda sudah memperlihatkan cara-cara bermain game dengan anak anda. Mungkin secara langsung anda tidak mengatakan bahwa seperti inilah caranya namun secara tidak langsung bahwa anda sudah mengajarinya bahwa iniloh yang di tekan saat sedang bermain game. Dan menunjukkan bahwa iniloh sesuatu yang seru dan mengasyikkan.

Hal yang paling parah adalah seorang anak yang masih berumur dua 5 tahun sudah di belikan gadget dan dengan sengaja menginstalkan game didalamnya sebagai permainan untuk bermain anak anda. Dan banyak anggapan orang tua bahwa seorang anak memang wajib diajarkan teknologi mulai dari kecil. Ok saya paham dengan ungkapan tersebut. Mengajarkan teknologi kepada anak bukan berarti harus mengajarinya bermain game. Mengenalkan teknologi itu adalah boleh tetapi hanya sekedar pengenalan dan menjelaskan fungsi utama dari teknologi tersebut dan memiliki anggapan bahwa teknologi itu adalah salah satu alat yang di gunakan di era modern sekarng untuk perkembangan zaman kearah yang positif.

Akibat dari banyak anak yang diperkenalkan teknologi sejak dini adalah menjadi lebih fasih dalam bermain gadget tetapi menjadi anak yang mungkin akan lupa dengan pengetahuan yang diajarkan melalui buku. Secanggih apapun teknologi tetapi tetap juga harus di kontrol dengan baik dan secanggih apapun teknologi maka akan lebih canggih lagi jika kita belajar dari membaca buku. Dan berikut di bawah ini beberapa cara membuat anak anda untuk menjadi anak yang senang membaca buku.

Mengenalkan buku terhadap anaknya.
Seperti yang saya katakan di paragraf sebelumnya bahwa banyak orang tua yang enggan untuk mengenalkan buku terhadap anaknya malah membuat anaknya menjadi lebih cinta akan gadget. Sebenarnya peran orang tua adalah mengenalkan kepada anak anda tentang apasih yang dimaksud dengan buku, apsih yang menjadi fungsi buku, apasih keunggulan buku di bandingkan teknologi lainnya, dan apasih yang bisa di dambil dari buku.

Buat anak anda merasa nyaman dengan buku.
Cara kedua yang dapat anda lakukan adalah dengan cara membuat anak anda menjadi merasa nyama dengan buku, caranya sangat mudah yaitu dengan memulai dari membelikan anak anda buku-buku komik bergambar dan membacakannya hingga dia menjadi larut didalamnya, dan ketika menjelang dewasa maka mulailah anda mengenalkannya buku-buku yang bisa berguna untuk masa depannya dan temani dia saat belajar.

Berikan contoh.
Cara yang ketiga yang bisa anda lakukan adalah dengan cara memberikan contoh membaca buku di depan anak anda. Karena seorang anak merupakan orang yang pandai dalam meniru jadi ketika anda sedang membaca maka dia juga akan menjadi penasaran tentang yang sedang anda lakukan tersebut. Dan lain adalah ajarkan dia tentang cara membaca dan berikan dia buku-buku yang disenanginya.

Perhatikan pilihan buku.
Hal yang terpenting yang harus anda lakukan untuk membuat anak anda menjadi merasa nyaman dan tenang dengan buku adalah menyesuaikan jenis buku yang sesuai dengan usia dan kesukaannya, misalnya seorang anak yang suka menonton film kartun maka usahakan untuk membelikannya buku-buku komik yang bergambar menarik sehingga anak juga akan menjadi tertarik untuk mempelajarinya dan dengan rasa tertarik tersebut maka dia akan mulai penasaran dengan yang sedang dilakukan di komik tersebut. Jadi intinya adalah sesuaikan buku dengan usia dan kesukaannya.

Jadikan sebagai kebiasaan.
Selanjutnya bagi orang tua adalah ketika melihat anak anda sedang menyukai jenis buku maka berusahalah untuk membelikannya dengan buku-buku yang terbaru dan jadikan ini sebagai kebiasaan yaitu membaca agar anak anda menjadi lebih cinta dan senang terhadap buku. Karena sesuatu yang dibiasakan akan menjadi sesuatu yang menyenangkan. intinya adalah buat anak anda merasa nyaman dengan buku dan menjadikannya sebagai gaya hidupnya

TerPopuler