cara membuat anak menjadi aktif dan percaya diri -->

cara membuat anak menjadi aktif dan percaya diri

BroAndika.com - Bayi yang aktif disetiap yang dilakukannya adalah impian semua orang tua namun tidak bisa dipungkiri jug bahwa anak yang aktif tersebut tidak lepas dari peran orangtua dalam mendorng anaknya untuk lebih aktif dari sebelumnya karena anak yang akti akan memiliki keceriaan yang lebih dibandingkan dengan anak yang pasif. Anak yang aktif biasanya lebih sehat dan percaya diri dibandingkan dengan anak yang tidak aktif atau pasif.

Banyak pertanyaan yang muncul bahwa bagaimana cara membuat si anak agar menjadi lebih aktif dari sebelumnya dan tidak lagi menjadi anak yang pasif dalam beraktifitas, dan sebenarnya sangat mudah untuk membuat anak menjadi lebih aktif dan itu semua tergantung dari peran orang tuanya dalam membuat anaknya menjadi lebih akatif dalam bergerak sendiri.

Banyak orang tua yang biasanya terlalu memanjakan bayinya dan tidak membiarkan bayinya untuk bermain dengan orang lain atau dengan anak yang lain namun sebenarnya ini adalah sesuatu yang tidak boleh dilakukan dan dibiasakan oleh orang tua karena orang tua yang over protektif terhadap anaknya akan membuat anaknya menjadi manja dan akan mengalami krisis kepercayaan diri yang nantinya hanya akan membuat anaknya menjadi anak yang pasif dan kurang bergerak.

Peran orang tua dalam hal ini membuat anaknya menjadi aktif adalah dengan cara mengajak anaknya untuk bermain lebih aktif dan membiasakan anaknya untuk berteman dan bermain dengan orang lain karena ini akan membuat anak tersebut menjadi lebih percaya diri dibanding dengan anak yang mendapatkan aturan yang sangat ketat namun perlu diketahui juga bahwa membiarkan anak bermain bukan berarti melepaskannya begitu saja tanpa ada kontrol dari orang tua hal ini tetap harus ada kontrol yang baik dari orang tau namun bentuk pengontrolannya adalah dari jauh, dan orangtua barulah menegur anaknya ketika anak tersebut sudah berbuat sesuatu yang salah.

Mengajak anak untuk aktif secara fisik. Biasanya anak yang sudah berumur dua tahun mereka sudah fasih dalam berjalan maka biasakan anak anda untuk berjalan di umur tersebut dengan cara memberikan ransangan seperti memberikan permainan yang disukainya dan menyimpannya ditempat yang agak jauh darinya dan membiarkannya untuk mengambilnya sendiri. Cara ini menurut saya sangat tepat untuk membuat sianak menjadi lebih peka dan aktif dalam bermain karena sesungguhnya dengan aktif secara fisik akan membawa dampak yang positif terhadap perkembangan kesehatan si bayi tersebut dan membuat otot-ototnya bekerja maksimal. Dan mampu menciptakan kordinasi gerak dan otak si anak dan akibatnya akan membuat sianak tersebut memiliki daya ingat yang kuat.

Manfaat lain dari anak yang aktif secara fisik adalah mampu membuatnya menjadi lebih kuat dan tahan terhadap cidera yang dialaminya saat sedang jatuh ketika belajar berjalan dan juga akan membawa dampak positif terhadap kesehatannya sehingga dia bisa terhindar dari resiko penyakit obesitas yang berujung pada jantung dan diabetes.

Anak yang tegolong aktif biasanya merupakan anak yang pintar dan memiliki daya ingat yang kuat dan selain dari itu anak yang aktif juga ternyata memiliki rasa percaya diri yang kuat sehingga nantinya dalam melakukan sesuatu apapun akan membuatnya menjadi lebih unggul dari anak yang lainnya. Maka dari itu mulai dari sekaran latihlah anak anda sedari kecil untuk membuat anak anda menjadi lebih pintar dan memiliki kepercayaan diri yang baik.

TerPopuler