tips dan cara mengatasi anak yang susah makan -->

tips dan cara mengatasi anak yang susah makan

BroAndika - Mengurus bayi adalah suatu hal yang bisa di katakan susah-susah gampang, karena jika sudah terbiasa maka ini akan menjadi hal yang mudah namun sebaliknya jika kita tidak terbiasa melakukannya maka ini akan menjadi hal yang susah dan sulit di lakukan terlebih lagi jika bayi kita termasuk bayi yang rewel maka ini akan menjadi sesuatu yang sulit bagi orang tua.

Orang tua yang terbiasa mengurus bayinya sendiri akan membuatnya menjadi sesuatu kebahagiaan tersendiri untuk dirinya terlebih lagi jika menyaksikan senyum si bayi terpancar dari wajahnya. Karena dijaman yang super modern ini banyak orang tua yang mempercayakan anaknya untuk di urus oleh orang kepercayaannya yang biasanya sih di sebut dengan baby sister.

Bagi orang tua karir ini adalah hal biasa baginya jika memberikan kepercayaan kepada orang lain untuk mengurus bayinya namun disisi lain ini menjadi sesuatu yang kurang baik karena hubungan kedekatan dengan bayinya menjadi kurang di bandingkan jika mengurus bayinya sendiri karena ini akan membuat hubungan kedekatan dengannya menjadi lebih harmonis disamping itu akan membuat orang tua akan mengetahui perkembangan anaknya.

Masalah bayi biasanya adalah karena menjadi malas makan dan ini dapat diakibatkan oleh karena faktor psikis dan faktor fisik si bayi. Seperti misalnya faktor fisik itu terjadi karena adanya gangguan yang terdapat pada organ pencernaan bayi ataupun terjadi inveksi pada pencernaan atapun tubuh si bayi yang dapat menyebabkan si kecil menjadi malas dalam mengkonsumsi makanannya. Dan satu lagi karena faktor psikis ini terjadi karena susana hati si bayi menjadi kurang nyaman ketika di berikan makanan kepada si bayi, ini karena biasanya si bayi diberikan makanan yang kurang di sukainya.

Cara mengatasi bayi yang susah makan.
Sajikan makanan kepada si bayi dalam porsi makanan yang tidak terlalu besar, karena biasanya si kecil menjadi kurang nyaman dengan porsi makanan yang terlalu besar dan akan sangat mampu merubah mood si kecil untuk makan jadi alangkah baiknya jika kita sebagai orang tua memberikan makanan dengan porsi yang kecil saja tetapi frekuensi makannya juga harus tetap teratur agar tubuh si kecil mampu mencukupi pasokan vitamin di dalam tubuhnya.

Selain dari cara pertama cara lain untuk mengatasi masalah makan si kecil adalah dengan cara memberikan makanan yang bervariasi kepada si kecil karena biasanya si kecil menjadi bosan dengan jenis makanan yang sama yang setiap hari di suguhkan kepadanya dan alangkah baiknya jika kita memberikan pilihan kepada si kecil untuk memilih makanannya sendiri yang di sukainya dan ini menjadi lebih baik ketika si kecil sendiri yang memilih makanannya sendiri.

Cara lain adalah dengan cara memberikan sajian menarik kepada si kecil karena pada dasarnya dengan makanan yang disajikan secara menarik akan membuat nafsu makan kita menjadi lebih bertambah bukan hanya kepada si kecil saja tetapi kepada orang dewasa saja jika membuat sajian makanan yang menarika akan membuat kita menjadi lebih berselera. Biasanya si kecil suka dengan animasi dan hewan jadi alangkah baiknya jika si kecil diberikan sajian makanan yang di cetak dengan beberapa jenis cetakan seperti contoh membuat nasi yang di cetak dengan bentuk boneka dan lain lain.

Ini biasanya yang kebanyakan di lakukan oleh orang tua yaitu dengan cara memberikan makanan kepada si kecil dengan cara memaksa bahkan sampai sikecil menjadi menangis namun pada dasarnya metode ini jangan di lakukan karena jika si kecil menangis lantas memaksanya untuk makan akan berbahaya untuk si bayi dan di samping itu membuat bayi menjadi kurang nyaman dengan kondisi yang seperti ini.

Metode yang lain yang sering di terapkan oleh orangtua adalah dengan cara memberikan minuman yang banyak di sela-sela makan si kecil namun sebenarnya ini menjadi kurang baik untuk si kecil karena apa ? Yah itu ruang di dalam perut si bayi menjadi berkurang dengan minuman yang di berikannya dan menjadi kurang asupan nutrisi makanan yang sehat untuk si kecil jadi sebaiknya mengurangi memberi minuman di sela-sela makan si kecil. - BroAndika

TerPopuler