pengelolaan sampah dan dampaknya terhadap manusia -->

pengelolaan sampah dan dampaknya terhadap manusia

PENGELOLAAN SAMPAH
Ada Tiga Kemungkinan Pengelolaan Sampah Yaitu Dikubur, Dibakar, Dan Sanitary Landfill. Sistem Dikubur Yaitu Dengan Membuat Galian Pada Kedalaman Tertentu Lalu Diberi Penadah Plastik Dan Diisi Tanah Setinggi 0,5 (Setengah) Meter. Resiko Dari Sistem Ini Adalah Hancurnya Plastik Oleh Pelarut Kimia. Sistem Pembakaran Dengan Suhu Yang Ditentukan, Lama Pembakaran Dan Pencampuran Oksigen Yang Tepat Dapat Menghancurkan 99% Sampah. Asap Yang Dibentuk Diolah Lebih Dahulu Sebelum Dibuang Ke Udara. Resiko Sistem Pembakaran Yang Tidak Mencapai Suhu Tersebut Adalah Timbulnya Dioksin Yang Sangat Beracun Dan Menimbulkan Berbagai Jenis Kanker. 

Sistem Sanitary Landfill Adalah Metode Pembuangan Akhir Sampah Dengan Metode Tertentu Sehingga Tidak Menimbulkan Pencemaran Dan Membahayakan Kesehatan. Sistem Ini Membuang Dan Menumpuk Sampah Pada Suatu Lokasi Yang Cekung, Memadatkan Sampah Tersebut Kemudian Menutupnya Dengan Tanah. Metode Ini Dapat Menghilangkan Polusi Udara, Sedangkan Polusi Di Tanah Dan Air Dapat Diminimalisir Dengan Melekatkan Lapisan Geotextile Untuk Mencegah Meresapnya Air Lindi Ke Air Tanah.

Kegiatan penanganan sampah meliputi:
  1. pemilahan dalam bentuk pengelompokan dan pemisahan sampah sesuai dengan jenis, jumlah dan sifat sampah
  2. pengumpulan dalam bentuk pengambilan dan pemindahan sampah dari sumber sampah ke tempat penampungan sementara(TPS) atau tempat pengolahan sampah terpadu(TPST)
  3. TPS adalah tempat sebelum sampah di angkut ke tempat pendauran ulang, pengolahan dan tempat pengolahan sampah terpadu. Sedangkan TPST adalah tempat dilaksanakannya pengumpulan, pemilahan, penggunaan ulang, pendauran ulang, pengolahan, dan pembrosesan akhir sampah.
  4. pengangkutan dalam bentuk membawa sampah dari sumber atau dari penampungan sampah sementara atau dari tempat pengolahan sampah terpadu menuju ketempat pembrosesan akhir(TPA)
  5. TPA adalah tempat untuk memproses dan mengembalikan sampah ke media lingkungan secara aman bagi manusia dan lingkungan
  6. pengolahan dalam bentuk mengubah karakteristrik, komposisi, dan jumlah sampah
  7. pembrosesan akhir sampah dalam bentuk pengembalian sampah atu residu hasil pengolahan sebelumnya ke media lingkungan secara aman.

DAMPAK SAMPAH TERHADAP MANUSIA DAN LINGKUNGAN
Dari Dampak Yang Luas Sampah Di Berbagai Sumber Dapat Mencemari Lingkungan Baik Lingkungan Darat Yang Dapat Ditinjau Dari Segi Kesehatan Sebagai Tempat Bersarangnya Dan Menyebarnya Bibit Penyakit, Sedangkan Ditinjau Dari Segi Keindahan, Tentu Saja Menurunnya Estetika (Tidak Sedap Dipandang Mata).

Macam Pencemaran Udara Yang Ditimbulkan Misalnya Mengeluarkan Bau Yang Tidak Sedap, Debu, Gas-Gas Beracun. Pembakaran Sampah Dapat Meningkatkan Karbonmonoksida (CO)2, Karbondioksida (CO2), Nitrogen (NO), Gas Belerang Amoniak Dan Asap Di Udara. Asap Diudara Adalah Asap Yang Ditimbulkan Dari Bahan Plastik Ada Yang Bersifat Karsinogen Artinya Dapat Menimbulkan Kanker, Berhati-Hatilah Dalam Membakar Sampah.

TerPopuler