jenis-jenis lemak dan bahayanya yang harus kamu ketahui -->

jenis-jenis lemak dan bahayanya yang harus kamu ketahui

Berbicara soal lemak adalah sesuatu yang selalu di identikkan dengan sesuatu yang buruk. Mendengar kata lemak maka di pikiran kita adalah penyakit obesitas. Tetapi harus di ketahui bahwa lemak tidak hanya menjadi masalah untuk tubuh karena nyatanya lemak juga memiliki fungsi dan peranan tersendiri untuk kesehatan tubuh jika ukurannya masih normal.


Sebenarnya ada banyak manfaat lemak untuk tubuh salah satunya adalah menjadi pelumas. Lemak sendiri sebenarnya banyak di hasilkan oleh berbagai jenis makanan yang bahkan paling banyak di konsumsi setiap harinya. Baca juga: jenis makanan yang banyak mengandung lemak baik untuk tubuh.

Lemak juga dapat membenarkan pendapat setiap orang bahwa akibat dari lemak yang berlebihan di dalam tubuh akan menyebabkan yang namanya penyakit obesitas. Tetapi itupun jika lemakd di dalam tubuh sudah sangat banyak namun jika kamu tetap rajin berolahraga maka jangan takut lemak membuatmu obesitas karena dengan olahraga berarti kamu sudah memberantas lemak jahat yang ada di dalam tubuhmu.

Sebenarnya lemak dapat di kelompokkan menjadi tiga bagian yang masing masing memiliki peranan tersendiri dan berikut di bawah ini telah saya jelaskan 3 jenis lemak dan bahayanya untuk tubuh.

Lemak trans.

Lemak trans merupakan salahsatu jenis lemak tak jenuh yang ada di dalam tubuh. Lemak ini sebenarnya sifatnya berbeda dengan lemak jenuh, karena sifat dari lemak jenuh adalah tidak baik untuk tubuh maka sifat dari lemak trans justru baik untuk tubuh yakni dapat menurunkan kadar kolestrol di dalam tubuh.

Sebenarnya lemak ini bukan menjadi jaminan akan dapat menurunkan kadar kolestrol karena bisa jadi suatu saat sifatnya dapat berubah manjadi lemak jenuh dan lemak ini sendiri umumnya di hasilkan dari produk mentega yang bahkan banyak di konsumsi setiap hari dan perlu di pahami bahwa jika kadar lemak trans di dalam tubuh terlalu tinggi juga akan beresiko untuk kesehatan tubuh.

Lemak jenuh.

Nah jika lemak tadi sifatnya agak sedikit bersahabat untuk kesehatan tubuh kini lemak jenuh malah menjadi bumerang untuk tubuh dan malah banyak orang beranggapan bahwa lemak ini sebenarnya betul-betul harus di hindari karena sifatnya yang jahat untuk tubuh dan bahkan akan dapat membuat masalah untuk kesehatan tubuh manusia.

Sifatnya yang kurang bersahabat dapat mengentalkan darah sehingga mudah lengket pada diding pembuluh darah dan akibatnya akan membuat gangguan pada peredaran darah manusia. Makanya inilah yang menyebabkan banyak orang memang betul betul sangat membenci dan menghindari lemak ini karena memang sangat tidak bersahabat untuk tubuh manusia. Tidak hanya dapat menganggu peredaran darah tetapi juga sangat dapat menyebabkan penyakit darah tinggi, stroke dan bahkan hingga penyakit jantung.

Lemak tak jenuh.

Meskipun sifatnya tak jenuh atau sedikit bersahabat dengan tubuh tetapi juga tidak jarang banyak orang yang tidak senang dengannya karena itu tetap lemak. Namun jika di kaji lebih dalam lemak tak jenuh ini memiliki kandungan kolestrol yang lebih rendah di bandingkan dengan lemak jenuh.

Tetapi tetap jika kadar lemak tak jenuh di dalam tubuh diatas normal juga akan membawa bencana untuk kesehatan tubuh manusia. Jadi sebaiknya mengkonsumsi lemak ini dalam ukuran yang wajar dan tidak berlebihan dan juga membiasakan pola hidup yang sehat.

Itulah beberapa jenis lemak yang harus kamu ketahui dan saran saya tetaplah melakukan pola hidup sehat agar tubuh kamu tetap sehat sepanjang hari, dan jangan lupa membaca artikel yang lainnya yang telah kami publish sebelumnya semoga berguna dan bermanfaat untuk kita semua terutama bagi penulis dan pribadi pembaca supaya tetap menjaga kebiasaan pola hidup sehat.

TerPopuler