fungsi lemak bagi kesehatan tubuh manusia -->

fungsi lemak bagi kesehatan tubuh manusia

Mendengar kata lemak seseorang akan merasakan takut karena lemak identik dengan orang gemuk. Banyak orang beranggapan bahwa lemak hanya akan membuat seseorang merasakan gemuk di badannya. Selain itu banyak orang yang hanya sekedar tahu bahwa lemak adalah penyakit yang hinggap di tubuh.

Tetapi jika di kaji lebih dalam bahwa lemak juga memiliki peran dan fungsi tersendiri di dalam tubuh yang juga sangat penting. Jadi lemak tidak hanya identik dengan kegemukan tetapi harus di pahami lemak juga berguna untuk tubuh. Tetapi kadar lemak itu juga harus masih di dalam kewajaran.

Lemak yang berlebihan di dalam tubuh memang akan banyak resikonya salah satunya adalah penyakit obesitas namun jika masih dalam ukuran yang normal maka ini tentu sesuatu yang baik bagi tubuh kamu. Lemak memang dapat di akibatkan oleh beberapa jenis makanan dan untuk menghindarinya adalah dengan cara hidup sehat.

Untuk menghilangkan perspektif kurang baik terhadap lemak maka saya telah menulis di bawah ini beberapa jenis manfaat lemak untuk kesehatan tubuh manusia:

1. Berfungsi sebagai sumber energi.

Memang harus di akui bahwa lemak yang berlebih di dalam tubuh akan menyebabkan penyakit obsitas tetapi jika kadar lemak di dalam tubuh masih dalam ukuran kewajaran. Karena lemak mampu menghasilkan 9 KKAL pada setiap gram lemak dan ini tentu sangat jauh berbeda dengan energi yang di hasilkan dari karbohidrat dan rotein yang hanya mampu menghasilkan 4 KKAL untuk setiap gramnya. lemak sebenarnya dapat tersimpan di bagian bawah kulit, rongga perut yang terdiri dari organ dalam tubuh, dll.

2. Sumber asam lemak esensial tubuh.

Tubuh memang sangat mampu untuk memproduksi beberapa jenis asam lemak sendiri tetapi ada juga beberapa jenis asam lemak yang tidak mampu untuk di produksi oleh tubuh sendiri dan oleh karena itu maka kita perlu untuk mengkonsumsi lemak secara cukup untuk memperoleh asam lemak ini di dalam tubuh dan salahsatunya adalah asam lemak esensial.

3. Alat transportasi lemak.

Lemak selain identik dengan sesuatu yang jahat maka perlu di pahami bahwa ada beberapa jenis vitamin yang sangat di butuhkan oleh tubuh tetapi tidak mampu di rasakan manfaatnya oleh kita jika tanpa adanya bantuan dari lemak. Lemak disini memiliki peran untuk mengankut beberapa jenis vitamin yang dapat larut di dalam lemak. Karena nyatanya bahwa ada beberapa jenis vitamin yang tidak dapat di larutkan oleh tubuh kita dan hanya bantuan si lemak lah yang dapat melarutkannya.

4. Berperan untuk menghemat protein.

Selain dari ke tiga fungsi diatas lemak juga berperan untuk menghemat protein di dalam tubuh manusia. Dari beberapa kasus seperti ketika kondisi tubuh sedang membutuhkan sangat banyak energi maka disinilah lemak berperan untuk menghemat energi agar tubuh cukup untuk energi sehingga kita tidak mudah kehabisan energi di dalam tubuh.

5. Berfungsi sebagai pelumas.

Fungsi lemak yang tidak kalah pentingnya adalah berperan sebagai pelumas di dalm tubuh manusia. Dalam pencernaan manusia pasti akan ada yang namanya sisa. Dan sisa inilah yang harus di keluarkan oleh tubuh dan tanpa adanya bantuan dari lemak maka tubuh akan susah untuk mengeluarkan sisa makanan yang tidak di cernah oleh tubuh.

6. Menghangatkan tubuh.

Beberapa persen lemak itu tersimpan di bawah lapisan kulit. Dan fungsi dari lemak yang tersimpan di bawah lapisan kulit inilah yang akan mampu membuat tubuh akan tetap terasa hangat meskipun cuaca sedang dingin dan tubuh akan tetap terasa hangat.

7. Berfungsi sebagai pelindung organ fital.

Lamak juga berfungsi untuk melindungi organ fital di dalam tubuh seperti jantung maupun lambung sehingga apapunyang terjadi pada tubuh baik dari benturan dan sebagainya maka organ tubuh akan tetap terasa baik.

Itulah beberapa jenis fungsi lemak bagi tubuh yang dapat saya berikan lewat blog ini semoga artikel yang telah saya ulas kali ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua terutama bagi penulis sendiri. Dan jangan lupa juga membaca artikel yang lainnya yang telah kami publish di blog ini.

TerPopuler