cara mengetahui bayi yang sudah mencukupi kebutuhan ASI -->

cara mengetahui bayi yang sudah mencukupi kebutuhan ASI

Broandika.com - Semua orang tua yang memiliki bayi wajib bagi mereka mengatahui semua tanda-tanda dan aktifitas si bayinya karena bayi yang di perhatikan akan memiliki pertubuhan dan perkembangan yang lebih baik daripada bayi yang kurang mendapatkan perhatian langsung dari orang tuanya dengan kata lain adalah bayi yang di perhatikan perkembangnnya akan lebih baik daripada yang tidak sama sekali.

Memperhatikan setiap perkebangan dan pertumbuhan si bayi memang adalah hal yang mesti harus orang tua lakukan namun apa jadinya jika orang tuanya adalah orang tua yang memiliki kesibukan yang luarbiasa bahkan memiliki sedikit waktu di rumahnya dan hanya mengandalkan asisten rumah tangganya untuk mengurus semua kebutuhan bayinya.

Namun pada dasarnya bayi memiliki hubungan batin tersendiri dengan bayinya jika di bandingkan dengan hubungannya dengan orang lain itulah alasannya wajib bagi orang tua untuk mengurus bayinya. Adalpun hal yang biasa kurang di perhatikan oleh si orang tua terlebih lagi ketika sibuk adalah memperhatikan bayinya apakah sudah tercukupi dengan kebutuhan ASI.

Namun jika sebagai orang tua sudah memberikan kebutuhan ASI untuk anaknya yang benar maka sebaiknya anda tidak perlu khawatir karena memberikan asi yang benar kepada si buah hati secara teratur maka itu sudah cukup untuk bayi anda dan tidak perlu lagi untuk khawatir akan kekurangan asi untuk bayi anda namun bagi anda yang ingin mengetahui apakah bayi anda sudah tercukupi asi atau belum maka sebaiknya lihat tanda-tanda di bawah ini yang menjadi tolak ukur untuk mengetahui bayi yang tercukupi akan asupan ASI dari orang tuanya.

Berat badan.
Salah satu cara untuk mengetahui apakah si bayi sudah tercukupi akan kebutuhan ASI di dalam dirinya adalah dengan melihat perkebangan berat badan si bayi. Namun pada umunya bayi yang baru lahir akan mengalmi penurunan berat badan namun jika sudah melewati seminggu hingga dua minggu maka biasanya berat badan si bayi kembali lagi menjadi normal dan bisanya setelah itu akan mengalami pertambahan berat badan jika kebutuhan asi si bayi sudah terpenuhi secara maksimal. Dan inilah cara pertama untuk mengetahui apakah bayi tersebut sudah mencukupi ASI atau melah sebaiknya.

Frequensi buang air kecil yang semakin meningkat.
Cara lain untuk mengetahui apakah bayi anda sudah tercukupi akan kebutuhan ASI-nya atau belum adalah dengan cara memperhatikan frequensi buang air kecil si bayi karena pada umunya bayi yang tercukupi akan kebutuhan asi adalah akan mengalami buang air kecil si bayi menjadi lebih meningkat di bandingkan sebelumnya jadi sebaiknya anda memperhatikan berapa kali anda mengganti popok dalam sehari.

Frequensi menyusui yang cukup.
Seperti pada pembukaan diatas yang mengatakan bahwa bagi orang tua yang memberikan asi kepada si kecil dengan frequensi yang teratur itu menunjukkan bahwa bayi anda sudah tercukupi akan kebutuhan Asinya jadi tidak perlu lagi khawatir jika bayi anda kurang tercukupi akan kebutuhan asinya. Namun perlu di ketahui bahwa setiap anak memiliki perbedaan yang tidak sama dan seiring bertambahnya usia si bayi maka frequensi menyusu si bayi menjadi lebih meningkat.

Kesehatannya terjaga.
Cara lain yang perlu anda ketahui untuk mengukur dan mengecek apakah bayi anda sudah tercukupi akan asupan ASI ataukah belum adalah dengan memperhatikan kesehatan sibayi yang di tandai dengan mood dia menjadi meningkat dan aktifitasnya lebih banyak di bandingkan sebelum menyusu. Maka ini adalah bukti bahwa bayi anda tercukupi akan asupan ASI.

Itulah beberapa cara mengetahui apakah bayi sudah tercukupi akan asupan ASI ataukah belum yang dapat saya bagikan kali ini dan semoga artikel kali ini bisa berguna dan bermanfaat untuk kita semua dan alangkah baiknya untuk setiap orang tua yang memiliki bayi dan melihat bayinya mengalami sesuatu maka jangan sungkan dan ragu untuk memeriksakannya ke dokter terpercaya anda untuk mengetahui perkembagan bayi anda.

TerPopuler