cara mengatasi sembelit dan susah buang air besar pada bayi -->

cara mengatasi sembelit dan susah buang air besar pada bayi

Berbicara soal bayi memang tidak lepas dari semua jenis kesehatan untuk bayi itu sendiri. Banyak orang tua yang paru pertamanya dia melahirkan dia akan mengalami kebingungan untuk melakukan apa saja kepada bayinya namun bagi orang tua yang sudah kedua kalinya melahirkan memang ini menjadi hal yang biasa saja.

Banyak orang tua yang menjadi bingung harus melakukan apa ketika melihat bayinya sedang mengalami masalah seperti contoh ketika bayi sedang mengalami sembelit maka banyak orang tua yang menjadi pusing tetang hal apa saja yang harus di lakukannya untuk menghentikan sembelit dan susah buang air besar.

Ini beda lagi bagi orang tua yang sudah terbiasa dengan keadaan yang seperti ini karena orang yang sudah terbiasa akan mengetahui pasti tentang langkah apa saja yang harus di perbuatnya untuk menghindarkan anaknya dari sembelit dan susah buang air besar. Dan kali ini saya akan memberikan beberapa tips untuk anda mengobati sembelit dan susah buang air besar pada bayi anda.

Pada umumnya bayi yang normal akan mengalami buang air besar atau BAB sebanyak 4 kali dalam sehari dan keadaan ini akan berlangsung selama seminggu atau selama tujuh hari. Namun berbeda lagi dengan bayi yang sudah berusia dengan dua tahun atau lebih akan membuang kotoran atau BAB selama satu sampai dua kali setiap harinya dan orang yang sudah berusia empat tahun atau sudah dewasa berbeda lagi karena mereka akan buang air besar atau BAB sebanyak satu kali saja setiap harinya.

Namun apa jadinya jika bayi anda sedang mengalami sembelit atau susah buang air besar dan anda memperhatikan bayi anda susah dan tidak membuang air besar selama kurang lebih dua minggu maka ini di harap orang tua tetap tenang dan mengambil langkah prefentif yang tepat untuk mengatasi sembelit dan susah buang air besar.

Cara mengatasi sembelit dan susah buang air besar pada bayi.
Adapun cara mengatasinya adalah pastikan bayi anda tetap mendapatkan asupan cairan yang cukup baik itu berupa ASI maupun berupa Air biasa saja karena dengan asupan air yang cukup akan mampu membuat sembelit dan susah buang air besar si kecil menjadi kembali normal seperti biasanya. Dan tetaplah mengatur asupan gizi untuk bayi anda.

Kurangi konsumsi makanan yang padat untuk bayi anda karena pada dasarnya salah satu jenis makanan yang mampu membuat sembelit adalah makanan yang padat. Contoh makanan yang mampu membuat sembelit dan susah buang air besar adalah makanan yang sedikit serat, jadi saran saya setidaknya hindari konsumsi makanan yang rendah serat untuk bayi anda.

Cara alternatif yang lain yang dapat anda lakukan untuk mengatasi sembelit pada dan susah buang air besar pada bayi anda adalah dengan memijat bagian perut bayi anda sekurangnya tiga jari di bawah bagian pusar lakukan tekanan yang lembut dengan menggunakan ujung jari pada bagian perut bayi anda namun harus di ingat jangan menekannya terlalu keras karena ini akan membuat keadaan bayi anda menjadi lebih parah dari sebelumnya. - BroAndika.com

TerPopuler