cara mengatasi perut kembung pada bayi -->

cara mengatasi perut kembung pada bayi

Bayi adalah anak yang paling menggemaskan dan lucu terlebih lagi ketika dia sedang tersenyum, namun apa jadinya jika bayi kita susah untuk tersenyum karena sedang sakit. Dewasa maupun anak-anak ketika sedang mengalami masalah di bagian perutnya maka yang akan terlihat di wajahnya hanyalah ekspresi yang kurang enak terlebih lagi jika yang mengalaminya adalah bayi anda maka sudah bisa di pastikan bayi anda akan rewel.

Jika orang dewasa sedang mengalami sesuatu yang kurang enak di badannya maka dia akan lebih mudah mengatakan bahwa ada sesuatu kelainan di tubuhnya namun ini sangat berbeda dengan bayi ketika mengalami sesuatu yang kurang enak di badannya maka dia hanya bisa menangis dan menjadi rewel dengan keadaan yang sedang dialaminya.

Berbicara tentang perut kembung. Perut kembung pada bayi membuat bayi anda menjadi merasa kurang nyaman dengan yang dialaminya dan akibatnya dia bisa menjadi rewel dan puncaknya menangis namun perlu di ketahui pasti bagi para orang tua bahwa bayi yang masih berusia tiga sampai empat bulan dan mengalami perut kembung adalah hal yang wajar dan itu di karenakan karena fungsi pencernaan pada bayi belum bekerja secara maksimal. Dan seirng dengan bertambahnya usianya yang semakin hari semakin besar maka si bayi anda akan lebih sering mengalami perut buncit dan ini di karenakan bayi anda sudah mulai mencoba beberapa jenis makanan yang berbeda dan keras.

Adapun cara mengetahui perut kembung pada bayi adalah dengan cara melihat tingkah laku si bayi, jika bayi anda menjadi lebih rewel dari sebelumnya dan sering menangis maka coba periksa keadaan bayi anda karena bisa jadi dia sedang mengalami sesuatu yang kurang mengenakkan di badannya dan coba periksa di bagian perutnya dan jika perut bayi anda menjadi lebih keras dan sering mengeluarkan angin dari perutnya maka bisa di pastikan perut bayi anda sedang kembung.

Selain memeriksa keadaan perutnya kamu juga bisa memeriksa pola tingkah lakunya gerakannya, dan jika anda menemukan bayi anda dalam kondisi menggelian dan sering telungkup serta mengangkat kedua kakinya, maka besar kemungkinan bayi anda sedang mengalami perut kembung yang segera harus di atasi.

Cara mengatasi perut kebung bayi anda.
Namun anda tetap harus tenang dengan kondisi yang seperti ini dan lakukan langkah yang mudah dan dapat mengatasi perut kembungnya seperti ketika bayi anda sudah minum ASI maka sebaiknya gendong bayi anda dengan posisi terlentang dan gerakkan kakinya selayaknya bayi anda sedang mengayuh sepeda karena ini salah satu cara untuk membuat bayi anda mengeluarkan gas dari dalam perutnya sehingga bisa kembali menjadi normal kembali.

Selain dari cara diatas maka cara yang lainnya adalah dengan cara memijat dengan perlahan di bagian perut bayi anda dengan satu arah ataupun bisa di lakukan searah jarum jam dan cara ini anda lakukan dengan posisi tidur bayi anda dan usahakan untuk tidak memijatnya terlalu keras. Ataupun dengan cara bayi anda telungkup diaras paha anda dan lakukan pemijatan pada bagian punggung bayi anda dan ini bisa sedikit mengurangi rasa kembung di bagian perut bayi.

Banyak orang tua yang menyusui anaknya dengan posisi tidur dan setelah menyusui anaknya membiarkannya tetap terbaring di tempat tidurnya dan inilah salah satu menjadi penyebab perut kembung pada bayi dan untuk mengatasi hal ini maka sebaiknya setelah menyusui bayi anda maka alangkah baiknya jika menggendong bayi anda dengan posisi tegak agar tidak mengalami masalah perut di bayi anda.

Namun jika bayi anda tetap mengalami kembung meskipun sudah melakukan beberapa cara diatas maka ini bisa jadi bahwa bayi anda sedang mengalami masalah pada pencernaannya apalagi jika bayi tersebut susah mengalami BAB atau susah buang air besar dan di ikuti dengan muntah hingga demam maka saran saya sebaiknya anda melakukan pemeriksaan pada dokter terpercaya anda.

Demikian artikel yang telah saya buat kali ini semoga bisa berguna dan bermanfaat untuk kita semua untamanya bagi pembaca di web ini dan jangan lupa juga membaca artikel yang lainnya yang telah penulis publish di web ini.

TerPopuler