cara mengatasi rasa nyeri saat sedang menstruasi / haid -->

cara mengatasi rasa nyeri saat sedang menstruasi / haid

Wanita adalah manusia yang memiliki keistimewaan tersendiri, didalam hidupnya wanita pasti akan mengalami beberapa fase dan salahsatu fase yang harus dilewati oleh seorang wanita adalah fase menstruasi atau biasa di sebut dengan haid atau datang bulan.

Saat mengalami masa menstruasi atau haid ataupun datang bulan, banyak wanita yang mengeluhkan saat mengalaminya karena adanya rasa nyeri yang dirasakan oleh beberapa wanita. Namun sebenarnya nyeri atau haid yang dirasan oleh wanita itu masih merupakan hal yang wajar atau hal yang lumrah bagi wanita yang sedang haid.

Ada beberapa jenis nyeri yang dirasakan oleh wanita saat haid yaitu nyeri primer dan nyeri sekunder, nyeri haid primer merupakan nyeri haid yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan kelainan patologis yang berasal dari pinggul dan organ dalamnya. Nyeri primer baru datang dan diraskan oleh wanita ketika wanita mengalami haid 2-3 tahun dari haid pertamanya dan biasanya ini terjadi ketika wanita sedang berumur kurang lebih 25 tahun. Namun jangan khawatir karena nyeri ini dapat berkurang seiring dengan bertambahnya usia atau intensitas umur wanita, dan ini akan menghilang ketika wanita telah melahirkan bayi pertamnya secara alami.

Nyeri seperti ini biasanya bersifat hilang timbul atau menetap dan pada umumnya nyeri ini terasa 24 jam sebelum haid dan akan baru berakhir setelah 24-35 jam setelah haid berhenti, umumnya nyeri ini terasa di bagian perut bawah dan akan baru menyebar ke bagian pinggung atau bagian dalam paha dan sakit ini biasanya di sertai dengan gejala sakit kepala, mual, muntah, diare dan perut kembung.

Nyeri sekunder merupakan nyeri yang berhubungan dengan kelainan yang berasal dari pinggul dan organ di dalamnya dan pada umumnya nyeri ini terjadi 2 hari atau lebih sebelum haid dan rasa nyeri ini akan bertambah hebat saat wanita mulai haid kemudian baru akan berhenti setelah 2 hari atau lebih dari saat haid.

Banyak wanita yang bertanya saat mengalami haid “kenapa sih harus ada rasa sakit yang dialami wanita saat di haid”. Sebenarnya rasa sakit yang dirasakan oleh wanita karena saat menjelang haid wanita menghasilkan suatu zat yang biasa di sebut dengan prostaglandin yaitu zat yang mempunyai funsi untuk membuat dinding rahim berkontraksi dan pembuluhdarah sekitarnya terjepit yang menimbulkan iskemi jaringan. Sebenarnya intensitas kontraksi pada setiap wanita berbeda-beda dan tergantung dari intensitasnya jika berlebihan maka akan menimbulkan rasa nyeri saat haid.

Nah pertanyaan lain yang muncul dari wanita saat mengalami yang namanya haid atau datang bulan “bagaimana sih cara mengatasi masalah nyeri saat haid ?” sebenarnya ada beberapa cara yang dapat di lakukan oleh wanita untuk menghilangkan ataupun mengurangi rasa nyeri saat haid oleh wanita diataranya terapi hormon, pemakaian obat-obatan, dan juga dapat dilakukan dengan cara yang sangat sederhana diantaranya:
  1. Olahraga ringan saat haid namun di sarankan untuk menghindari olahraga yang berat
  2. Hindari konsumsi alkohol, kopi, dan juga coklat karena dapat meningkatkan kadar ekstrogen yang akan memicu lepasnya prostaglandin
  3. Menkonsumsi Vitamin E dan Vitamin B6
  4. Menkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan yang rendah dengan kadar lemaknya

Namun anda yang sedang mengalami sakit saat anda sedang haid ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi rasa sakit saat kamu haid diantaranya:
  1. Kompres dengan botol hangat tepat pada bagian yang terasa kram
  2. Mandi dengan air hangat namun dapat anda campurkan dengan aroma terapi untuk membuat tubuh kamu merasa tenang
  3. Minum minumang berkalsium tinggi seperti minuman hangat
  4. Menggosok bagian perut atau pinggang yang terasa sakit
  5. Tari nafas secara perlahan untuk relaksasi

TerPopuler