sikap takabbur berbahaya bagi setiap um'at muslim -->

sikap takabbur berbahaya bagi setiap um'at muslim

 TAKABBUR DAN BAHAYANYA
Takabbur merupakan penyakit hati yang sangat berbahaya yang wajib dihindari karna sejarah iblis laknatullah di mulai dari penyakit satu ini, karna lebih tinggi dari dari adam, ai lalu mendurhakai perintah Allah untuk bersujud kepadanya . Takabbur disebut juga angkuh, sombong, yang dimaksud dengan takabbur ialah merasa dirinya paling muliah, paling hebat, paling pandai dan menganggap rendah orang lain.

Kalau kita mau merenung akan keadaan manusiah hidup didunia ini, tentu saja kita akan menyadari,bahwa kita satu-satunya mahluk yang lemah, tanpa daya kekuatan sama sekiali. Kita bisa berkedip, bergerak, bahkan bisa berjalan menuju tempat ini semata-mata anugrah dari Allah Swt. Tampa pemberianya, maka jangankan bisa berjalan bergerakpun saja kita tidak akan mampu.mengingat hal semacam ini lalu timbul kesadaran dalam hati kita masing-masing bahwa patutka manusia ini mempunyai sifat sombong terhadap semuanya.? Bagi orang yang sesungguhnya beriman, maka dengan tegas menjawab: bahwa takabbur tidak patut dimiliki manusai. 

Tidak sedikit manusai yang takabbur sebab harta yang melimpah dimilikinya, rupa yang tanpan dan cantik mempunyai pangkat dan kedudukannya. Bila hal-hal semacam ini dijadikan bahan takabbur maka modal orang semacam itu kurang berfikir dan tadak sadar bahwa semua yang kita miliki merupakan pmberian dan amanat allah.

Sikab takabbur akan menghijab atau menghalangi munculny nilai-nilai kbaikan dalam tata perilaku seseorang. Dengan adanya sifat takabbur pintu-pintu kebaikan akan tertutup. Perbuatan baaik apapun yang dilandasi sikap takabbur, jelas tidak akan mendapat nilai kebaikan apapun dan pandangan allah Swt. Bahkan dalam pandangan sesama manusai Allah akan memandang bernilai perbuatan manusia hanya apabila dilandasi oleh ketulusan semata-mata karna Allah .hal ini tersirat dalam firman Allah surat al-bayyinah ayat:5 yang Artinya:
“padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyenbah Allah dengan memurnikan ketaatan kepadanya dalam(menjalankan) agama mendirikan shalat dan menunaikan zakat, dan yang demikian itulah agama yang lurus”

Adapun sebab yang menjadikan seseorang berlaku sombong(takabbur) adalah karena merasa adanya kelibihan pada dirinya. Harta kekayaan, kekuatan fisik, kedudukan, kecantikan, ketampanan dan sebagainya. Hal tersebut sangatlah dibenci oleh Allah SWT. Seperti yang desebutkan dalam firman Allah QS-Al mukmin:60 Artinya:
“Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembahku akan masuk neraka jahannam dalam keadaan hina dina”.

Orang takabbur oada umumnya jauh dari agama.ia memiliki kebenaran versinya tersendiri juga ingin kelihatan lebih tinggi dan sempurna ia akan tersinggung bila disamakan dengan orang yang levelnya dianggap kebih renda. Suka mendominasi pembicaraan, senang memotong perkataan orang lain dan nadanya pun cenderung lebih keras dan merendahkan. Rasulullah Saw bersabda yang Artinya:
Tiga perkara yang merusak manusia, perangai kikir yang di taati hawa nafsu yang selalu di ikuti dan sombong ujub pada diri sendiri.

Bagi orang-orang yang akabbur dalam hidup ini, maka akan mendapatkan balasan berupa neraka, karna seseorang yang dalam hatinya menyelinap sikab takabbur sekalipun sekeal semut maka bisa menghalangi masuk surga. Nabi SAW bersabda yang Artinya:

Tidak akan masuk surga orang-orang yang didalam hatinya ada kesombongan, walaupun sekecil biji dzarah. Oleh karena itu, sebagai sebagian dari upaya mendasar kita untuk meraih kemenangan hidup bahagia di dunia dan di akirat, marilah senantiasa jauhkan kehidupan kita dari spfat takabbur dalam aspek kehidupan baik takabur batin maupun takabur dahir kita bangun ketakaan dan kita hiasi kehidupan dengan indahnya sifat tawadhu(rendah hati) dan kita raih menangan hidup bahagia di dalam dunia dan bahagia di akhirat Amin ya rabbal alamin....

TerPopuler