tiga perkara dicintai Allah dan tiga perkara dibenci Allah -->

tiga perkara dicintai Allah dan tiga perkara dibenci Allah

Sebagai hamba yang beriman kepada Allah dengan sesungguhnya tentu saja dia ingin menjalankan sesuatu yang mendatangkan kebaikan.Karena dengan kebaikan yang dikerjakan orang-orang beriman, maka Allah akan cinta kepadanya, dan selalu memberikan pahala sebab perbuatan baik tersebut. Untuk itu kita haruslah mempunyai rasa gemar berbagiai kegiatan yang arahnya kepada kebaikan, karena setiap langkah yang menuju baik termasuk ibadah dan akan mendapatkan pahala darinya.

Kita juga berupaya sekuat tenaga untuk tidak berbuat yang mendatangkan kebencian Allah.Karena segala sesuatu yang bisa mendatangkan kejahatan, maka kemurkaan Allah akan datang. Oleh karena itu, sebagai orang beriman berusaha melakukan kebaikan dan meninggalkan kejelekan agar kecintaan Allah benar-benar diberikan kepada hamba-nya.

Berkaitan dengan hal tersebut, maka Nabi saw. Menjelaskan sabdanya yang Artinya: Bahwasanya Allah meridhakan untukmu tiga perkara dan Allah membecimu untukmu tiga perkara pula.Allah rela akan kamu menyembah-nya sendiri-nya dengan tidak memperserikatnya dengan sesuatu apapun dan hendaklah kamu berpegang teguh kepada tali Allah, tidak kamu bercerai berai. Dan hendaknya kamu suka memberikan nasehat kepada orang yang di jadikan Allah pengendal iurusanmu.Adapun tiga yang dibencinya ialah: banyak bicara, banyak bertanya/ minta-minta, dan menyia-nyiakan hartabenda(HR.Ahmad)

Tiga perkara yang di cintai allah hendaklah kita kerjakan dengan tulus ikhlas. Adapun tiga perkara itu antara lain:
  1. Menyambah kepada Allah tanp amempersekutukan dengans esuatu.Karna Allah satu-satunyaTuhan yang patut kita minta pertolongan.Jadi kit amenyembah kepada Allah haruslah dengan penuh keyakinan yang mendalam, tanpa dihantui perasaan-perasaan yang meragukan yang berakibat mendatangkan syirik.
  2. Hendaklah tetap berpegang teguh dengan ajaran islam. Dan jangan sampai bercerai-berai antar umat islam, karna dimana saja umat hidup rukun damai. Persatuan dan kesatuan umat harus benar-benar digalang, agar kekuatan islam semakin hari semakin kuat, sehingga tidak mudah diremehkan dan dinjak-injak oleh orang-orang ghairul islam. Jadi islam walaupun berbeda organisasi jangan sampa imenimbulkan perpecahan, karena semuanya itu adalah saudara kita. Di dalam Al qur’an QS Al-Baqarah ayat 195, Allahh SWT tegas memerintahkan kita untuk berpegang teguh kepada ajaran Islam
  3. Dan perbuatan kita yang mendatangkan kecintaan.Allah yang ketiga adalah memberikan nasehat kepada orang yang dijadikan Allah pengendali urusanmu.
Adapun perbuatan yang biasa mendatangkan kebencian Allah antara lain:
  1. Banyak bicara, dalam hal ini kita umat islam jangan membiasakan bicara yang banyak/membual.Bicaranya tidak ada yang bermanfaat, maka kebencian Allah yang akan kita terima. Jadi langkah yang terbaik agar kita tidak termasuk orang yang banyak bicara, maka lebih baik berbicara yang ada manfatnya saja, dan jangan suka menjadi orang yang membual dalam bicara.
  2. Dan janganlah memperbanyak pertanyaan/banyak bertanya-tanya tentang sesuatu urusan oraang lain.
  3. Dan perbuatan ketiga yang termasuk mendatangkan kebencian Allah adalah: menyia-nyiakan harta, menggunakan hartanya dengan boros. Padahal orang islam harus bisa membelanjakan hartanya pada jalan Allah. Kita harus hidup sederhana, jangan sampai berlebih-lebihan.

TerPopuler