manfaat gerakan sholat untuk kesehatan -->

manfaat gerakan sholat untuk kesehatan

Shalat adalah kebutuhan wajib bagi setiap ummat muslim yang beriman selain untuk mendekatkan diri kepda sang pengcipta shalat juga dapat membuat tubuh kita menjadi lebih sehat dan bugar karena tanpa kita sadari jika kita shalat berarti kita juga sudah berolah raga jadi manfaat sholat bukan hanya untuk membuat kita lebih dekat dengan Tuhan tapi ada manfaat lain dari sholat itu sendiri bagi ilmu kedokteran. Dan di bawah ini akan saya paparkan beberapa manfaat sholat bagi kesehatan menurut para dokter di mulai dari kita wudhu

Wudhu

Wudhu merupakan salah satu syarat wajib bagi setiap ummat muslim yang hendak akan melaksanakan sholat baik yang wajib maupun yang sunnah karena tujuan utama wudhu adalah untuk membersihkan diri kita dari kotoran ataupun untuk mensucikan diri kita sebelum melaksanakan kewajiban kita yakni sholat. Dah apakan kalian tau ketika kalian berwudhu secara sadar atau tidak sadar bahwa dengan berwudhu kalian sudah membrsihkan diri kalian dari kuman yang menempel jadi dengan begitu kalian akan terhindar dari berbagai macam penyakit akibat dari kuman yang menempel karena sejatinya untuk sholat wajib maka anda akan melakukan wudhu sebanyak lima kali sehari semalam dan dengan begitu lima kali pula anda membersihkan diri kalian sehari semalam.

Shalat dengan berdiri

Di dalam ajaran agama islam. Tidak pernah memberatkan um’atnya untuk selalu sholat dalam keadaan berdiri karena ketika seseorang tidak mampu untuk berdiri maka boleh sholat sambil duduk dan ketika tidak mampu sholat dalam keadaan berdiri ataupun duduk maka hendaklah sholat dalam keadaan berbaring. Namun tahukah anda bahwa ketika anda sholat dengan berdiri, ternyata berdiri pada waktu sholat mengandung hikmah yg luar biasa yakni dapat melatih keseimbangan tubuh dan konsentrasi pikiran.


Rukuk

Rukuk merupakan bagian terpenting dari sholat namun banyak di antara kita yang hanya sekedar memahami rukuk untuk melaksanakan kewajiban. Namun tahukan anda dengan anda rukuk maka secara tidak sadar anda sudah memelihara kelenturan tuas sistem keringat yang terdapat di punggung, pinggang, paha dan betis belakang. Demikian pula tulang leher, tengkuk dan saluran saraf, memori dapat terjaga kelenturannya dengan rukuk. Kelenturan saraf memori dapat dijaga dengan mengangkat kepala secara maksimal dengan mata menatap ke tempat sujud.

I'tidal

Itidal merupakan bagian dari sholat karena ketiak anda sholat maka anda akan melakukan itidal dan sadar atau tidak sadar dengan anda itidal maka anda sudah Menjaga sistem saraf keseimbangan tubuh dan berguna mencegah terjadinya pingsan secara tiba-tiba dan latihan bagi organ pencernaan. Dengan begutu anda akan sehat secara alami tanpa anda harus pergi mencari tempat kebugaran dengan harga yang cukup bahkan sangat mahal.

Sujud

Sujud di dalam sholat merupakan bagian terpenting karena sujud merupakan ungkapan rasa syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Apabila sujud dilakukan dengan benar dan lama, sujud dapat memaksimalkan aliran darah dan oksigen menuju otak atau kepala, termasuk mata, telinga, leher, pundak dan hati. Cara seperti ini efektif untuk membogkar sumbatan pembuluh darah pada jantung sehingga resiko terkena jantung koroner dapat diminimalisir. Dengan begitu anda akan sehat secara alami.


Duduk antara Dua Sujud

Duduk dintara dua sujud, sadar atau tidak sadar anda sudah berolah raga karena dengan duduk yang seperti ini anda sudah berolahraga dengan Menyeimbangkan sistem kerja elektrik serta saraf keseimbangan tubuh kita, menjaga kelenturan saraf di bagian paha dalam, cekungan lutut, cekungan betis, sampai jari-jari kaki. Kelenturan saraf ini dapat mencegah penyakit prostat, diabetes, sulit buang air kecil dan hernia. selain itu juga dapat Mengaktifkan kelenjar keringat sehingga dapat mencegah pengapuran dan mengoptimalkan kaki sebagai penopang tubuh kita. Untuk pria, gerakan ini dapat mencegah impotensi.

Duduk Tasyahud Akhir

Duduk tasyahud akhir Berguna untuk membongkar pengapuran pada cekungan kaki kiri agar saraf keseimbangan yang berhubungan dengan saraf mata akan terjaga dengan baik sehingga konsentrasi akan meningkat dan terjaga.


Salam

Gerakan ini dapat menarik urat leher yang bermanfaat untuk menjaga kelenturan urat leher. Pada leher terdapat banyak urat saraf yang sangat penting untuk dijaga, seperti urat saraf paru-paru dan jantung. Dan menjaga kekencangan kulit.

Jadi sadar atau tidak sada bahwa dengan anda sholat berarti anda sudah berolahraga demi kesehatan tubuh anda.


TerPopuler