puasa sehat bagi penderita sakit maag -->

puasa sehat bagi penderita sakit maag

Dibulan ramadhan ini mungkin ada banyak orang penderita penyakit maag yang bertanya-tanya apakah saya boleh berpuasa ?, apakah saat saya berpuasa penyakit maag saya tidak bertambah parah ? sementara yang kita ketahui bersama bahwa di dalam ajaran agama islam di wajibkan bagi setiap um’at islam untuk berpuasa.

Dari pertanyaan itu muncul di dalam pikiran saya untuk membuat artikel tentang puasa aman bagi penderita maag untuk mengurangi sedikit rasa ke khawatiran bagi anda yang penderita penyakit maag. Sebelum kita melangkah lebih jauh tentang pembahasan kta alangkah baiknya jika kita ketahui dulu penyakit maag jenis apa yang anda derita, karena kebanyakan orang tidak mengetahui jenis maag yang di deritanya.

Jenis penyakit maag


Penyakit maag berdasarkan yang saya ketahui itu ada dua yakni penyakit maag fungsional dan penyakit maag organik. Jika di lihat dari gejalanya mungkin ini hampir sama yakni rasa perih dan rasa tidak enak di bagian ulu hati yang di ikuti dengan rasa mual dan bahkan hingga muntah-muntah, perut mudah kembung, cepat terasa kenyang, kerap bersendawa dan rasa nafsu makan yang kurang. Biasanya Sakit maag fungsional terjadi akibat ketidakteraturan makan, kebiasaan mengonsumsi camilan yang tidak sehat sepanjang hari, makan makanan asam, pedas, coklat dan keju. Merokok sepanjang hari juga menambah risiko memperburuk kondisi lambung.

Dan bagi anda yang sedang mengalami kondisi penyakit maag maka saya sarankan agar anda sesegera mungkin untuk memeriksakannya kedokter untuk mengetahui jenis penyakit maag apa yang anda alami.

Yanga harus anda ketahui adalah Jika tidak ada kelainan anatomi pada lambung maka seseorang hanya menderita maag fungsional, sebaliknya jika ada kelainan anatomi pada lambung, maka seseorang menderita maag organik. Kelainan anatomi tersebut di antaranya pada saluran cerna bagian atas atau di sekitar kerongkongan, juga di tukak lambung atau tukak usus dua belas jari. Kelainan lain juga bisa ditemukan pada kanker di kerongkongan, lambung atau di usus dua belas jari. Penyebabnya biisa infeksi kuman atau iritasi lama dari obat anti-inflammatory drugs. Dan Mungkin lebih baiknya anda tanyakan ke dokter untuk mendapatkan keterangan lebih jauh.

Dari dua jenis atau kategori penyakit maag tersebut, tentu lebih bebahaya sakit maag organik dan karenanya harus mendapatkan penanganan khusus.

Penderita maag fungsional boleh berpuasa


Bagi penderita maag fungsional boleh dan bisa berpuasa karena dengan berpuasa dapat membuat frekuensi makan anda lebih teratur dan terjaga, dan apabila ada dokter yang menganjurkan anda untuk tidak berpuasa maka mungkin saja maag yang anda derita sudah sangat parah dan perlu penanganan khusus dari dokter. Pada dasarnya maag tidak boleh kita remehkan begitu saja dan maag itu tidak sama halnya dengan penyakit flu biasa karena maag yang parah dapat berakibat fatal bagi anda. Untuk jenis maag fungsional maka boleh saja untuk berpuasa dan sebaliknya jika anda sedang menderita penyakit maag organik maka saya sarankan untuk konsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan khusus dari dokter.

Puasa tidak memperparah sakit maag.


Sekali lagi saya katakan bahwa puasa tidak akan memperparah penyakit maag anda karena kebanyakan maag itu terjadi karena di akibatkan oleh pola makan yang tidak teratur dan sama seperti yang saya jelaskan tadi bahwa dengan anda berpuasa maka akan dapat membuat pola makan anda dapat lebih teratur dengan begitu perlahan sedikit demi sedikit sakit maag yang anda derita akan berkurang secara perlahan.

Sebaliknya jika anda penderita sakit maag organik alangkah baiknya anda konsultasi kedokter dan di sarankan untuk sementara tidak berpuasa agar keadaan anda tidak bertambah parah didalam ajaran Islam pun membolehkan orang meninggalkan kewajiban dalam situasi tertentu, seperti salah satunya saat anda sakit. Sementara untuk penderita maag fungsional sebaiknya tetap berpuasa karena dapat membuat pola makan anda lebih teratur. Tapi jika anda tidak kuat karena menanggung rasa sakit yang begitu mendalam, seperti wajah pucat, bakan muntah darah maka boleh untuk membatalkan puasa.

Tips untuk yang penderita maag saat berpuasa.


Porsi makan yang teratur


Sebaiknya untuk anda yang hendak berpuasa namun sedang mengalami sakit maag maka di sarankan untuk anda memperhatikan porsi makan anda yang cukup dan hindari makan makanan yang keras.

Berbuka dengan yang manis.


Dengan berbuka yang manis-manis seperti es buah kolak dan sejenisnya dapat membuat tenaga anda untuk cepat pulih dan hidari pula memakan makanan asam, pedas, coklat dan keju agar sakit maag anda tidak bertambah parah.

Makan sayur dan buah


Sayur dan buah banyak mengandung serat yang baik untuk pencernaan. Bagi penderita maag tentu ini sangat membantu kerja lambung dalam mencerna makanan. Selain itu minumlah yang cukup stidaknya sehari 2 liter, atau sekitar 8 gelas. Jika dibagi untuk waktu sahur dan buka, maka sahur 4 gelas, buka 4 gelas. Minum yang cukup juga membantu proses pencernaan makanan dan memulihkan stamina.

TerPopuler