Penyalahgunaan Pil Dextrometorfan code 15 dikalangan remaja -->

Penyalahgunaan Pil Dextrometorfan code 15 dikalangan remaja

Penyalahgunaan Pil Dextrometorfan code 15

Penyalahgunaan pil dextrometorfan code 15 memang sangat membahayakan bagi yang melakukannya. Sebenarnya kegunaan dari pil dextrometorfan code 15 ini adalah untuk mengobati batuk dengan menekan pusat susunan saraf agar tidak batuk. Pil dextrometorfan ini masuk dalam peredaran obat bebas dengan ada logo birunya.Artinya obat ini bisa dibeli di toko obat tapi harus mengikuti petunjuk pemakaian.

Menurut salah satu ahli, Dextrometorfan adalah sejenis senyawa opiat, namun lemah. Dan sebagian literatur memang menyebutnya demikian.Secara kimia, Dextrometorfan (D-3-methoxy-N-methyl-morphinan) adalah suatu dekstro isomer dari Levomethorphan, suatu derivat morfin sintetik. Walaupun strukturnya mirip narkotik, dextrometorfan tidak beraksi pada reseptor opiat sub tipe mu (seperti- halnya morfin atau heroin), tetapi ia bereaksi pada reseptor opiat sub tipe sigma, sehingga efek ketergantungannya relatif kecil. Pil Dextrometorfan code 15 ini sering disalahgunakan, karena pada dosis besar ia menyebabkan efek euphoria dan halusinasi penglihatan maupun pendengaran.

Penyalahgunaan Pil Dextrometorfan code 15 ini banyak dilakukan oleh anak usia sekolah menengah dan remaja 17 tahun ke atas. Cara mendapatkan Pil tersebut juga tidak sulit, karena disetiap toko obat menjualnya dan bahkan di warung-warung kecil juga menjual obat tersebut.Berdasarkan observasi dilapangan, untuk mengkonsumsi pil tersebut juga diboncengi obat-obatan lain seperti Bodrex, paramex, komix sachet, konidin dan lain-lain.

Cara mencampurkan seluruh obat tersebut adalah menggunakan air dalam botol mineral yang dicampur secara keseluruhan dan ditambahkan dengan extra joss, kemudian dikocok agar obat tersebut tercampur rata lalu diminum. Efek dari obat tersebut akan timbul sekitar 20-30 menit setelah meminum obat tersebut. Selain itu, juga digunakannya minyak anginuntuk di hisap baunya agar mempercepat efek dari obat tersebut. Lebih dari itu, apabila terjadi intoksikasi atau overdosis dapat menyebabkan hiper-eksitabilitas, kelelahan, berkeringat, bicara kacau, hipertensi, dan mata melotot.

Selain itu, akibat dari penyalahgunaan Pil Dextrometorfan code 15 oleh anak usia sekolah yaitu menjerumuskan diri sendiri pada perilaku tidak sehat. Tentu akan ada efek sampingnya baik itu untuk saat ini maupun dikemudian hari, apalagi jika ketagihan dan meningkatkan penggunaanya sampai mencapai dosis toksiknya yang dapat berujung pada maut.

Program Pendidikan untuk Pencegahan

Program pencegahan masalah penyalahgunaan Lem Fox dan Pil Dextromotorfan code 15 oleh anak usia sekolah dapat dilakukan dengan cara :
  1. Program pendidikan yang terfokus pada pengadaan bimbingan dan penyuluhan untuk membangun prinsip hidup sehat dalam diri anak-anak sekolah, sehingga dapat dicapai suatu tahap ketahanan dibidang fisik yang merupakan pertahanan kuat dari bahaya perilaku menyimpang yang dapat merugikan diri sendiri, seperti kebiasaan buruk menghirup uap lem fox dan penyalahgunaan pil dextrometorfan code 15.
  2. Program pendidikan bagi orang tua mengenai mengasuh dan mendidik anak yang baik sebagai strategi pencegahan penyalahgunaan lem fox dan pil dextrometrofan code 15. Membangun komunikasi yang baik antara orang tua dan anak, agar anak dapat menceritakan segala hal kepada orang tuanya tanpa menutup-nutupi bila anak sedang memiliki masalah. Menciptakan disiplin bagi anak dan memperlakukan anak sebagaimana mestinya tanpa harus ada paksaan.
  3. Program pendidikan keagamaan bagi anak usia bangku sekolah, mengenai peningkatan dan pengamalan kehidupan keagamaan sehingga nantinya dapat mewujudkan generasi muda yang sehat jasmani dan rohani, berbudi luhur dan mempunyai ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Mengadakan Program Sosial

  1. Mendirikan pusat atau tempat pelayanan untuk konseling dan konsultasi dengan tujuan agar mengetahui mengenai dampaknya dan bagaimana cara mereka untuk menghindarinya.
  2. Mengadakan kegiatan positif untuk menghindarkan diri dari penyalahgunaan Lem fox dan pil dextrometorfan code 15. Hal ini juga diperlukan untuk mengisi masa muda kearah yang positif.

Melakukan Penyuluhan

Melakukan penyuluhan kepada orang pemilik toko bangunan dan toko obat untuk tidak melayani pembelian lem fox maupun pil dextrometorfan code 15 dalam jumlah banyak, yang khususnya bagi anak-anak usia bawah umur.

TerPopuler