hidup secara sederhana dalam agama islam -->

hidup secara sederhana dalam agama islam

Hidup secara Sederhana

Dalam kehidupan sehari-hari orang islam hendaklah hidup secara sederhana dan jagan sampai berhambur-hamburan, berlegih-lebihan dan jangan pula bermegah-megahan. Karena dengan sikap tersebut merupakan perbuatan setan. Dan untuk itu sangatlah penting dan di harapkan bagi para kaum muslimin untuk menerapkan dalam kehidupannya sehari-hari hidup yang sederhana saja. Dan jangan berlebih-lebihan.

Dalam agama islam sangat tidak mengajarkan untuk hidup berlebih-lebihan ataupun hidup dengan bermewah-mewahan, akan tetapi islam hanya mengajarkan untuk kita agar selalu hidup sederhana. Seperti contoh dalam agama islam dimana kita tidak di harapkan untuk belebih-lebihan dalam hal makan, minum, dan berpakaian juga tidak bermewah-mewahan demikian juga halnya dalam membelanjakan harta atau bersedekah dan tidak boros. Berkaitan dengan hal agar kita tetap hidup sederhana dan jangan berlebih-lebihan Rasulullah Saw.pun bersabdah dalam hal ini

Artinya: makanlah, minumlah, pakailah dan bersedekalah jangan berlebih-lebihan dan janganlah engkau bermegah-megahan (HR. Abu daud-ahmad)

Saudara-saudaraku sekalian yang sedang di rahmati oleh Allah Swt.

Dalam sistem kapitalis, kebahagiaan diukur dengan materi. Hidup masa kini tidak sah tanpa berbagai atribut kemewahan. Banyak yang selalu merasa tidak cukup, meski sudah hidup layak. Hidup sederhana menjadi barang langka. Saking tidak bisanya hidup sederhana, ada orang yang sedang dihukum pun nekad membawa kemewahan ke dalam penjara. Kalau pun ada (banyak) orang yang hidup sederhana, itu karena terpaksa hidup seadanya akibat terjepit nasib dan pemiskinan.

Perilaku hura-hura dan konsumtif sudah menjadi budaya. Keinginan hidup mewah bukan hanya di kalangan berada, tetapi juga di kalangan golongan kurang mampu. Kemewahan bukan lagi sekedar pamer materi, tetapi memanipulasi suatu keinginan sehingga menjadi keharusan demi kepuasan. Akibatnya, tindak korupsi dan kriminalitas merajalela.

Keadaan ini sudah demikian parah dan membahayakan. Oleh karena itu, kita harus mulai dari sekarang gerakan hidup sederhana. Saudara-saudara sekalian yang sedang di rahmati Oleh Allah Swt.

Perilaku hidup sederhana bertentangan dengan pola hidup konsumerisme, yang memandang kebahagiaan individu hanya dapat dicapai dengan mengkonsumsi, membeli dan memiliki apapun yang diinginkan meskipun melebihi batas kebutuhan dasar.

Islam mengajarkan agar kita membelanjakan harta tidak secara berlebih-lebihan dan tidak pula kikir. Dalam hal ini Allah berfirman di dalam Al-qur’an:

Artinya: Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah Saudara-saudara syaitan dan syaitan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya.

Setiap muslim harus waspada terhadap apa yang dimilikinya, janganlah sesuatu yang diharamkan Allah, tidak berlebih-lebihan, tidak boros dan bermain-main dengan harta. Jika dia mempunyai harta yang banyak dan rezkinya lapang, lebih baik memberi shadaqah kepada fakir miskin.


TerPopuler