dampak negatif dan positif akibat dari kecanduan bermain game -->

dampak negatif dan positif akibat dari kecanduan bermain game

Menurut Lance Dodes dalam bukunya yang berjudul “The Heart of Addiction” (Yee, 2002), ada dua jenis kecanduan, yaitu adiksi fisikal seperti kecanduan terhadap alkohol atau kokaine, dan adiksi non-fisikal seperti kecanduan terhadap game online. Kecanduan bermain game secara berlebihan dikenal dengan istilah Game Addiction (Grant, J.E. & Kim, S.W. (2003). Artinya seorang anak seakan-akan tidak ada hal yang ingin dikerjakan selain bermain game, dan seolah-olah game ini adalah hidupnya. Hal semacam ini sangat riskan bagi perkembangan si anak yang perjalanan hidupnya masih panjang.

Permainan games secara online maupun secara ofline memang akan memberikan dampak yang begitu besar bagi kita sang pecandu game diantara pecandu game ada begitu banyak dampak yang akan terjadi diantaranya dampak positif dan dampak negatif. Berikut dampak yang akan di timbulkan versi Andika Putra.
gaming harmful to health

DAMPAK NEGATIF
1. MALAS
Malas merupakan dampak yang paling sangat menonjol yang dialami oleh sang pecandu game. Orang yang sudah kecanduan bermain game tidak akan peduli dengan urusan kehidupan dan bahkan ia akan rela meninggalkan pekerjaan atau kegiatan rutinitas sehari-hari yang harus ia kerjakan hanya untuk bermain game. Bahkan dalam satu kasus orang yang kecanduan akan permainan game, dia bisa lupa akan segalanya contoh: lupa tidur, lupa makan, lupa mandi dan lainya demi menamatkan suatu permainan.

2. PENURUNAN PERESTASI
Anak yang dahulunya sering memenangkan kejuaran atau bahkan seorang anak yang dahulunya sering mendapatkan juara kelas atau seorang anak yang dahulunya gemar belajar namun ketika mereka telah kecanduan akan permainan game semua prestasi akan menurun karena anak yang kecanduan game akan lebih banyak menghabiskan waktunya hanya untuk bermain games saja ketimbang harus membuka buku dan belajar. Parahnya sebuah kasus bagi anak sekolah yang juga sebagai pecandu game lebih senang membolos sekolah hanya untuk bermain game saja.

3. MERUSAK MATA
Kerusakan pada mata paling sering terjadi bagi anak yang sedang kecanduan game hal ini di akibatkan karena banyaknya waktu mereka yang terbuang hanya untuk di depan televisi ataupun Pc/komputer, kemampuan jarak pandang akan menjadi melemah akibat banyaknya syaraf yang terlalu tegang saat bermain game dan yang terpenting anda harus ketahui menurut beberapa dokter ahli mata menyatakan bahwa orang yang terlalu lama menatap ke televisi atau PC hal ini akan memberikan kerusakan pada pengelihatan mata.

4. PEMBENGKAKAN IBU JARI
Games dengan menggunakan joystick yang terlalu lama akan memberikan dampak terhadap jari jempol anda menjadi bengkak hal ini terjadi karena adanya gesekan dan tekanan yang terjadi pada ibu jari pada saat menekan tombol-tombol joystick karena saat menekan tobol-tombol joystick hal itu di pengaruhi dengan semangat dan rasa emosional yang tinggi demi memenangkan suatu permainan, jadi pembengkakan yang terjadi di ibu jari akan mungkin saja terjadi.

5. PERILAKU YANG AGRESIF dan SIFAT YANG EGOIS
Orang yang sedang asik bermain game ataupun orang yang sedang kecanduan bermain game besar kemungkinan akan memiliki sifat yang agresif dan egois. Hal ini terlihat dari banyaknya permainan game yang mengarah pada kekerasan, dari games yang seperti ini akan membentuk karakter seseorang menjadi lebih agresif dan egois hal ini terlihat dari seseorang yang kecanduan akan permainan game ketika ngomong/ berbicara seadanya saja ceplas-ceplos tanpa peduli perasaan orang lain.

DAMPAK POSITIF DARI PERMAINAN GAME
Beberapa penelitian juga telah membuktikan bahwa permainan game tidak hanya akan memberikan dampak yang negatif saja tetapi juga dapat memberikan dampak yang positif bagi para peminatnya. Bermain game memberikan satu latihan yang sangat efektif kepada otak. Sejumlah besar dari mereka membutuhkan keterampilan berpikir abstrak dan tingkat tinggi untuk menang. Keterampilannya adalah seperti:
  1. pemecahan masalah dan logika (Perrone et al, 1996)
  2. perhatian dan motivasi yang lebih (Blumberg, 1998; Rosas et al, 2003)
  3. koordinasi tangan-mata,motorik dan kemampuan spasial (Greenfield et al, 1994; Beck et al, 2003)
Itulah dampak yang sering di timbulan dari keseringan bermain game baik secara online maupun secara ofline versi Andika Putra cintai kesehatan anda karena kesehatan merupakan harta yang kita miliki namun tak terhitung nilainya.

TerPopuler